[Review] Radio Galau FM: Fans Stories - @RadioGalauFM 'n Friends


Siapa sih yang gak kenal akun Twitter @RadioGalauFM, yang tweet-nya selalu penuh kegalauan? Diawali dengan mainan hashtag #RadioGalauFM di akun Twitter pribadi seorang Bernard Batubara, @benzbara_ (dulunya @benzbara tapi udah hacked), yang berisi tweet-tweet seputar cinta dan relationship yang galau dan konyol, akhirnya dibuatlah sebuah akun Twitter @RadioGalauFM pada 25 Desember 2010. Sekarang, followers akun ini udah mencapai 400.000+. WOW!

Pada tahun 2011 lalu, Bernard sempat ditawari untuk menulis sebuah buku yang diangkat dari tweet-tweet @RadioGalauFM. Nah, jadilah buku berjudul Radio Galau FM: Frekuensi Patah Hati & Cinta yang Kandas, yang diterbitkan oleh penerbit Wahyumedia pada Oktober 2011 lalu. Buku tesebut berisi 12 cerita galau dan konyol yang ditulis oleh Bernard, ditambah 5 cerita cinta galau kiriman followers @RadioGalauFM. Gue pernah review bukunya di sini.

Setelah sempat memasuki jajaran buku best seller, gak disangka kesuksesan buku ini masih berlanjut hingga diangkat menjadi sebuah film yang berjudul sama, Radio Galau FM: The Movie oleh Rapi Films. Film ini udah tayang sejak 13 September lalu, dan mendapat banyak komentar positif dari penonton. WOW (lagi)!

Namanya sukses, pasti setiap orang ingin mempertahankan dan mengulang kesuksesan tersebut. Mungkin itulah yang membuat penerbit Wahyumedia tertantang untuk membuat seri kedua buku Radio Galau FM. Ya, pada bulan Juni lalu sempat diadakan lomba menulis cerpen komedi, masih dengan tema ‘galau’. Karena gue udah menobatkan buku seri pertamanya sebagai buku komedi favorit gue, maka dengan kemupengan tingkat ujian nasional gue ikut lomba menulis cerpen komedi ini. Siapa tahu lolos, gue kan kalo nulis lumayan lucu gitu. Bahahaha.

Singkat cerita, gue udah ngirim tulisan gue yang berjudul “Jomblo Permanen” ke e-mail penerbit. Dan… siapa sangka Nassar akan menikahi Muzdalifah, siapa sangka Dewi Perssik bakal jadian sama Guruh Soekarno Putra, lalu siapa sangka juga pihak penerbit Wahyumedia dengan khilafnya menerima tulisan absurd gue. Iya, cerpen gue menang lomba, beybeeeeh! Gue sempat koma selama 2 menit waktu lihat pengumumannya di sini. Terharuuuu. Hiks.

Di sela-sela masa promo pemutaran film Radio Galau FM, akhirnya buku seri kedua yang diberi judul Radio Galau FM: Fans Stories pun terbit dan udah nangkring di toko-toko buku seluruh Indonesia. Gue masih seperempat gak percaya setelah tulisan gue yang berjudul “Karena Bu Wati Ingin Dimengerti” dimuat di buku Ekspedisi Mencari Cewek Idaman penerbit DIVA Press (baca review-nya di sini), semacam berturut-turut tulisan gue lainnya dimuat di buku ini. Thanks God It’s so awesome!

Oke, kali ini gue mau sekalian review isi buku Radio Galau FM: Fans Stories. Yuhuuuu~


Penulis: @RadioGalauFM 'n Friends
Tebal: 260 hlm
Penerbit: Wahyumedia
ISBN:  9789797955779 
Harga: Rp45.000,-
Deskripsi:
Jomblo permanen? Nembak cewek 10 kali, ditolak 13 kali? Digantungin cowok? Terlambat menyadari bahwa ‘dia’ adalah “the right person”? Cinta bertepuk sebelah tangan? Cowok yang kamu suka ternyata uhmmm, uhmmm ‘penyuka sesama’? Pacaran jarak jauh?  
Waduh, kalau kamu termasuk dalam salah satunya, mesti baca 20 kisah dari teman-teman yang sudah sangat ‘berpengalaman’ di dalam buku ini. Mereka bercerita dengan lucu supaya nggak galau! Padahal, sambil nangis tuh nulisnya (yaiyalah, sambil ngiris bawang). 
Plus, 5 cerita dari @RadioGalauFM yang membantu kamu menjadi TAMBAH GALAU #eeaaa 
Pokoknya, nama tengah gue “GALAU”. Nggak galau nggak gaul!

Sesuai dengan judulnya, Fans Stories, buku ini berisi 15 cerita kiriman dari ‘pendengar’ Radio Galau FM. Cerita-cerita yang dimuat di buku ini, 95% isinya adalah kisah nyata yang ditulis dengan selera komedi yang cerdas oleh semua penulisnya. Walaupun ditulis dengan gaya konyol, tapi ceritanya tetap mengutamakan unsur ‘galau’ kok. That’s main point!

Kenapa tadi gue bilang 95% kisah nyata? Itu karena cuma tulisan gue yang murni fiksi.  Iya, tulisan yang berjudul “Jomblo Permanen” itu bukanlah cerita pribadi gue. Kalo di situ gue menceritakan seorang tokoh bernama Jepri dengan karakter jomblo yang payah, maka aslinya gue ini.. uhm.. jomblo dan payah juga sih. Tapi, percayalah Jepri itu bukan duplikasi sosok gue. Percayalah!

Selain 15 cerita kiriman galauers, di buku ini juga memuat 5 cerita yang ditulis oleh si pemegang akun @RadioGalauFM, ya, Bernard Batubara yang gak mau kalah blak-blakan menuliskan pengalaman pribadinya yang (tentu saja) penuh kegalauan. 

Penasaran sama cerita gue dan cerita teman-teman yang lain? Daripada galau gak ada pacar kegiatan, mending ke toko buku dan beli buku ini. Dijamin deh bikin ngakak puas. MUAHAHAHA!

Oh iya, gue juga berharap dengan terbitnya buku seri kedua Radio Galau FM ini, ada lagi produser yang khilaf dan tertarik mengangkat cerita di buku ini ke layar lebar. Gak ada yang pernah tahu kan kejutan apa yang disiapkan Tuhan untuk kita? Semoga saja yang terbaik. Aamiin.

Akhir kata, salam hangat terdahsyat untuk seluruh keluarga Indonesia!
Lalala~ Yeyeye~ 

Penampakan RGFMFS di Gramedia Palembang Square






Gue lagi (sok) baca + pake kaos RGFMFS 
Next
Previous
Click here for Comments

3 komentar:

avatar

Nimbrung komen.. Ramai juga blognya bro! :)

Sukses ya! :)

avatar

Busyeeet! Cepet amat balesnya. Hahaha.
Terima kasih kunjungan baliknya. :))

Sukses juga dirimu, beroh! \o/
Senang sekali nama kita ada di satu buku. Haha

avatar

Salam kenal! Keren mas blognya! hehehe

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!