Senin, 22 Oktober 2012

[Review] Rasa Cinta — Ariev Rahman, Roy Saputra, dkk.

Minggu lalu adalah minggu yang bersejarah buat gue. Akhirnya, gue kesampean juga makan sushi. Dan, fix GUE GAK SUKA. Makan sushi itu rasanya kayak makan (kapsul) minyak ikan yang langsung dijilatin dari ikannya.  Ada sih satu menu yang lumayan enak di lidah, entahlah namanya apa gue lupa. Yang pasti agak mirip-mirip sama nama tokoh-tokoh anime Pokemon. 

Benar kata Mie Sedaap, kalo lidah memang gak bisa bohong. Segimana pun teman-teman semacam ketagihan makan sushi, gue lebih memilih ngemil kerupuk yang ditambah sambel sachet-an. Terserah deh orang mau bilang norak. Emang gue dari sononya anak kampung. Hahaha.

Eh, ngomongin soal 'rasa', kemarin gue sempat baca buku keren dong. Judulnya "Rasa Cinta", hadiah menang kuis dari Tante @ijotoska di twitter. Nih, gue review~

Judul buku: Rasa Cinta
Penulis: Ariev Rahman, Roy Saputra, Dwika Putra, Anita Prabowo, Wandy Ghani, Dewi Subrata & Lolita Lavietha
Penerbit: Bukune
Kategori: Fiksi, Kumpulan cerpen
Terbit: September 2012
Harga: Rp 45.000

Sebuah cangkir dan poci yang terbuat dari tanah liat kusandingkan bersama teh bubuk dan gula batu. Wangi melati perlahan menari di udara. Dalam setiap hirup kurasakan nyaman, dari tegukan demi tegukan yang melewari kerongkongan.

Sedikit asam dan pahit berpadu dengan manis yang samar-samar. Kemudian, satu per satu rekaman cerita bermain dalam kepalaku. Terselip cerita lama yang harus kubuka kembali demi sebuah permintaan.

****

Karena rasa mampu merekam cerita, dan setiap cerita mempunyai rasa. Rasa Cinta berisi kumpulan kisah yang dibalut analogi rasa. Sudut pandang dan cara bercerita 7 penulis dari latar belakang dan selera yang berbeda membuat ceritanya beragam. Mulai dari merasakan bika ambon yang serupa dengan kenangan manis masa lalu, nasi goreng khas buatan ibu yang selalu mengingatkan pada kasihnya, sampai secangkir teh poci yang mampu menggantikan hangat sebuah pelukan. Selamat mengecap rasa
.


Rasa Cinta adalah buku yang ditulis oleh tujuh penulis sekaligus. Lumayan rame, ya. Mendengar tujuh orang, gue sempat kepikiran kalo mereka ini adalah grup boyband yang aji mumpung nulis karena ditawarin bikin buku. Untungnya, tebakan gue salah. Sebagian dari mereka memang berlatar belakang penulis. Sebagian lagi berlatar belakang selebtwit—yang nyatanya memang punya bakat nulis.

Membaca Rasa Cinta ibarat membaca perpaduan antara kisah cinta romantis dan yang tragis. Atau ibarat membaca kisah nyata para finalis ajang pencarian bakat Master Chef Indonesia, di mana mereka (penulis) punya bakat mengolah rasa, namun membiarkan para juri menilai ‘rasa’ dengan masing-masing lidah yang berbeda. Dalam hal ini, pembaca adalah juri. Gak perlu ngangkang lebar juga sih, itu udah hak patennya Chef Juna.

Setiap pembaca pasti punya selera. Gue juga tentunya. Gue bukan tipe orang yang suka membanding-bandingkan tulisan mana yang menurut gue bagus dan tulisan mana yang menurut gue kurang gereget (bukan berarti gak bagus). Makanya, gue bela-belain bikin lis tulisan mana yang jadi favorit gue dari masing-masing penulis.

Sepotong Roti Bakar Cokelat KejuDwika Putra
Gue suka konfliknya. Ngena banget. Walaupun tema ‘cinta tak direstui’ udah sering nongol di sinetron, tapi gue tetap suka. Seenggaknya di tulisan ini gak ada adegan yang menjurus kalo si cowok dan si cewek ternyata saudara kandung yang sejak kecil terpisahkan karena ulah tangan jahil seorang tokoh antagonis. Sesungguhnya yang demikian itu memuakkan. Hih!

Dua Tangkup CintaRoy Saputra
Twist-nya berlapis-lapis. Penuh kejutan. Gue beberapa kali dikagetkan saat membaca dialog-dialog para tokoh di bagian akhir. Asli, ini tulisan super bangke, sampe bikin gue hampir nyilet-nyilet tangan pake silet bekas nyukur bulu ketiaknya Eva Arnas. Bangke!

Nasi Goreng Buatan Ibuku Paling Enak SeduniaAriev Rahman
Nah, yang ini bikin gue syediiih. Tuh kan, jadi ingat Ibu. Tuh kan… Hiks.

Tiga Baris TerakhirDewi Subrata
Ini cerpen paling mengharu-biru-unyu di buku ini. Gue hampir mewek bacanya. Tapi gak sampe nangis sih. Gue kan cowok, jadi gak boleh nangis. *tisu mana tisu?*

Segitu SajaLolita Lavietha
Tema “cinta segitiga” di cerpen ini berkelas. Gue selalu suka sama cerpen yang setting-nya di satu tempat. Eniwei, gue pun pernah putus dengan ‘alasan’ yang ada di cerpen ini. Hahaha.

Mengulang SalahWandy Ghani
Dari halaman awal, gue nunggu banget ada tulisan yang genrenya komedi di buku ini. Ada beberapa. Dan, ini yang sukses bikin gue sampe ngakak muncrat. Walaupun agak nyeleneh karena gue gak menemukan unsur ‘cinta’ di sini. Eh, tunggu, ini maksudnya tentang cinta antara majikan dan pembantu? Hmm.

Kopi Hitam Tanpa GulaAnita Prabowo
Tulisan ini, analoginya yang paling gue suka. Halaman terakhir yang gak mengecewakan.

Poin penting. Tulisan di buku ini kaya akan rasa. Masing-masing penulis menawarkan ‘rasa’ dan kesan tersendiri. Bukan jenis rasa yang  biasa, tapi rasa yang memberi kejutan. Membaca buku ini rasanya seperti membaca ‘curhatan’ para penulis. Ada cerita lucu, sedih, mengharukan, menyindir, sampe yang bikin rese dan pengin teriak, “Woy! Ini kenapa ending-nya gini? Gak nyangka.”
Atau, “Ooooooh…”
Atau, “Jadi ending-nya gini? Ciyus? Miapah? Enelan? BUNUH AJA GUEEEH!”

Gak sedikit gue menemukan tulisan dengan twist yang berlapis-lapis. Persis kayak rainbow cake yang dijajakan di kafe-kafe mal, yang bukan cuma jadi pajangan. Atau mirip roti komplit yang dijual Mang Jaja di depan gang komplek. Harganya cuma dua belas ribu. Kalo belanja bawa duit dua puluh ribu, itu artinya masih ada kembalian tujuh ribu. Lumayan tuh buat pasang togel.

Ngomong-ngomong, baca buku ini berpotensi bikin laper. Laper karena di setiap halaman dipamerin berbagai makanan yang bikin ngiler, dan laper akibat lupa makan karena keasyikan baca semua tulisan.

Mmm, boleh bagi folback-nya? :)

2 komentar:

  1. tema'a ap
    tokoh" siapa aj
    latar cerita'a ap
    alur cerita'a ap
    amanat'a

    mohon dibales yaaa

    BalasHapus
  2. mnta tolong donk
    tema'a ap
    tokoh" siapa aj
    latar cerita ap aj
    alur cerita'a ap
    amanat'a ap

    mohon dibales yaa plissssss !!

    BalasHapus

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!