Minggu, 18 November 2012

[Review] The Not-So Amazing Life of @aMrazing — Alexander Thian

Dapat rezeki lebih, lagi bosan, dan long weekend adalah perpaduan yang pas untuk hunting ke toko buku. Beberapa hari yang lalu, dengan semangat yang menggebu-gebu pergilah gue ke Gramedia Palembang Square bersama seorang teman yang-tak-boleh-disebutkan-namanya. Bukan, dia bukanlah makhluk sejenis Voldemort. Dia cuma seorang teman biasa yang kurang beruntung karena mau-maunya gue ajakin jalan ketika itu.

Setibanya di Gramedia, mulailah penyakit gue kumat. Nama penyakitnya adalah syndrom 'lupa-mau-beli-buku-apa'. Setelah 2 jam mengobrak-abrik semua rak buku, sampe mbak-mbak kasir mulai curiga kalo gue ini semacam agen rahasia yang diutus untuk meledakkan gedung Palembang Square dan sedang mencari spot untuk meletakkan bom waktu dengan dalih sedang mencari buku.

Akhirnya, setelah bergerilya cukup lama, gue pun memungut sebuah buku bersampul kuning dan membawanya ke meja kasir. The Not-So Amazing Life of @aMrazing, begitulah yang tertera di sampulnya. Nih, langsung gue  review~


Judul : The Not-So Amazing Life of @aMrazing
Penulis : Alexander Thian
Penerbit : GagasMedia
Tahun Terbit : Agustus 2012
Cetakan: Pertama
Tebal : 228 hlm
ISBN : 9789797805869

Bapak itu merogoh kantong celananya, lalu mengeluarkan bergepok-gepok uang.
"Nih! Sekian belas juta!"
Bahkan setelah menghitung sekian belas juta, sisa uang di tangan Bapak itu masih banyak. Fakta bahwa bajunya lusuh, serta handphone lamanya buluk segera terlupakan. Rupanya Bapak ini orang tajir yang tak tahu cara berdandan serta belum melek teknologi. Gue lagi-lagi salah menilai. Terkadang manusia memang hanya memandang penampilan luar. Menghakimi bahwa sebuah buku pasti jelek isinya hanya karena cover yang buruk.
Berlama-lama si Bapak mengagumi handphone terbarunya. Setelah puas, ia kembali bertanya hal yang paling penting.
"Dek, gimana cara main Fesbuk? Terus, internet itu apa, sih?"

The Not-So-Amazing Life of @aMrazing merupakan kumpulan kisah pengalaman Alexander Thian saat menjadi penjaga konter handphone di sebuah mal. Tidak sekadar menjual handphone, Alex memotret manusia melalui berbagai tingkah laku para pelanggan yang datang. Ada mereka yang butuh tampil mengesankan dengan handphone tercanggih, mereka yang ingin membahagiakan orang terkasih, juga mereka yang tertipu (dan menipu). Adakah wajah kita di sana?



Oke, sebelum mulai review isi bukunya, gue mau komentarin dulu sampul bukunya. Maaf ya, gue harus jujur kalo menurut gue ini sampul buku ter-biasa-banget yang pernah gue lihat. Udah, itu aja.

Lanjut bahas isi bukunya.

Pertama kali baca judulnya, melihat ada embel-embel akun twitter “@aMrazing”, gue sempat mengira kalo buku ini adalah sejenis buku kumpulan tweet humor nan galau seperti yang lagi marak dan meraja lela di toko buku. Tapi, prediksi gue salah. Di dalam buku ini, sama sekali gak ada satu tweet pun yang dimuat, bahkan gak ada satu cerita pun yang menyinggung situs micro-blogging tersebut. Lantas kenapa judulnya bawa-bawa akun twitter @aMrazing? Kayaknya sih biar matching aja sama kata ‘amazing’ di judulnya. Ditambah lagi mungkin ini bagian dari strategi penjualan. Who is @aMrazing actually? @aMrazing adalah akun twitter pribadi penulis. Ya, penulis buku ini adalah salah satu selebtwit idaman di twitter, dan punya follower yang lumayan rame. Coba kalo misal judul bukunya diganti jadi “The Not-So Amazing Life of Alex”, siapa yang bakalan tertarik beli? Mungkin banyak orang yang nanti bakal ngedumel, “Siapa sih si Alex ini? Artis bukan? Gak tertarik ah baca bukunya. Mending beli bukunya Dahlan Iskan!” Nah, inilah kehebatan dari judul buku. Pengaruhnya kuat terhadap aspek  marketing. *sotoy*

Eh, nulis apa sih gue barusan? Kok malah bahas judul? Errr.

Well, buku ini termasuk kategori non fiksi. Mungkin bisa dibilang personal literature atau mini-biografi. Cocok nih buat gue yang memang doyan sama yang berbau ‘mini’; rok mini, iPad mini, dan Cut Mini. Ini kenapa gue seleranya jadi tante-tante sih? Oke, lupakan!

The Not-So Amazing Life of @aMrazing atau disingkat TNSALOA, berisi kumpulan cerita dan pengalaman seru Alexander Thian, seorang (mantan) penjaga counter hape di salah satu mal di Jakarta. Dalam buku ini Alex menceritakan kisah dan pengalamannya selama ia menjadi penjaga counter sekian tahun yang lalu. Mungkin pekerjaannya terdengar gak elite, tapi inilah hidup, kita harus terima kenyataannya.

Buku ini full komedi. Dari bab awal gue udah sukses dibuat ngakak muncrat membaca pengalaman absurd penulis. Dan parahnya… itu berlangsung sampe ke bab-bab berikutnya. Tapi, lagi-lagi gaya bercerita di buku sejenis ini pasti konsepnya akan tetap sama dengan buku-buku komedi kebanyakan. Iya, ‘komedi pakai hati’ kalo meminjam istilahnya Raditya Dika.

Di bab berjudul “Dummy Seharga Dua Juta”, “Don’t Judge The Heart by The Look”, dan “Jujur Itu Mahal” pembaca dipaksa untuk merenung. Iya, ketiga bab ini sarat akan pesan moral. Bukan berarti di bab lainnya gak ada amanat yang disampaikan. Bukan. Tapi, di bagian ini Alex meminimkan unsur konyol dan lebih membawa pembaca untuk merenungi arti hidup. Bukan cuma sekadar melucu, tapi banyak isu-isu sosial yang diangkat penulis, sehingga membuat buku ini lebih ‘berisi’ dari buku-buku komedi kebanyakan.
14 cerita dalam buku ini cukup bikin kenyang. Walaupun sebenarnya lumayan bikin nagih, pengin nambah. Kurang tebal sih bukunya. Lapeeeer. *apa sih?*

Sebelum mengakhiri bacotan ini, gue mau basa-basi sedikit. Kadang, banyak hal penting yang kita sepelekan. Kadang juga, banyak hal sepele yang kita anggap gak penting. Mungkin, bagi kalian baca review buku ini adalah hal gak penting. Tapi gue yakin ini penting buat si penulis buku. Penulis mana yang gak senang kalo ada yang ngebahas bukunya, kayak gini. Udah bukunya dibeli, di-review pula. Muahaha.

Sekian.

5 komentar:

  1. Baca reviewnya malah jadi semangat untuk ngebeli :-D

    BalasHapus
  2. Aku juga beli..dan berhasil bikin satu gerbong kereta merasa "terganggu" karena ketawa gengges gue..bagus reviewnya nggak kalah menarik sama buku yang di review hehehe

    BalasHapus
  3. When someone writes an article he/she keeps the thought of a user in his/her mind that how a
    user can be aware of it. Therefore that's why this
    post is amazing. Thanks!

    my web page; tanning beds for sale in wv

    BalasHapus
  4. baru nemuin blog ini, asoy ya isinya :D
    btw masih ada gak bukunya amrazing ini ? aku nyari kok udah pada gak ada ya

    BalasHapus

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!