Tipe & Jenis Dosen yang Sedang Happening


Kehidupan mahasiswa itu gak pernah lepas dari sosok seorang pengajar. Ya, pengajar inilah yang sering kita sebut DOSEN, bukan Bunga, Mawar, atau Dahlia seperti yang sering muncul di rubrik berita kriminal di Koran harian. Cara mengajar setiap dosen sangat berbeda-beda, tergantung gen apa yang dia bawa dari orangtuanya *halah*. Bahkan, tingkah laku dan gaya mereka (dosen, red) bisa kita kategorikan dalam berbagai tipe dan jenis. Nah, belakangan ini gue sempat melakukan survei secara gak resmi di lingkungan kampus, dan akhirnya menemukan beberapa spesies tipe dan jenis dosen yang sedang happening. Cekibrot!


1. Dosen PHP (Pemberi Harapan Palsu)
Dosen ini dikenal sebagai sosok yang sering mengumbar janji-janji palsu layaknya calon bupati atau gubernur di tanah air. Berikut kalimat yang sering diucapkan oleh dosen PHP: “Jangan lupa ya, Minggu depan kita UTS. Materinya dari Bab 1 sampai Bab 5. Ujian bersifat close book!” Namun, apa yang terjadi seminggu kemudian… tak ada angin, tak ada hujan, tak ada gading yang tak retak, si Dosen malah gak masuk kelas dan dengan tanpa dosa membatalkan ujian secara sepihak. Alhasil, para mahasiswa merasa dikecewakan mengingat perjuangan mereka yang sudah menghafal sekian bab materi menjadi sia-sia. Kopelan yang disiapkan semalam suntuk pun menjadi percuma, contekan di paha terhapus keringat begitu saja. Kasihan para mahasiswa.

2. Dosen Mendadak
Hampir sama dengan tipe dosen PHP, tipe dosen ini pun berpotensi bikin mahasiswa kecewa. Dosen yang satu ini sangat tertutup akan kepribadiannya, sehingga sukar ditebak dan penuh kejutan karena sifatnya yang sering ‘mendadak’. Misalnya mendadak kasih tugas, mendadak gak masuk kelas, mendadak nunjuk mahasiswanya untuk ngerjain tugas di papan tulis, sampai mendadak menghamili mahasiswinya sendiri. *eh?*

3. Dosen Galau
Dosen yang satu ini beda lagi. Biasanya beliau suka bingung sendiri di saat ngajar. Misalnya, saat ada seorang mahasiswa yang bertanya: “Bu/Pak, hasilnya kok bisa seperti itu ya?” sambil nunjuk ke arah papan tulis pada jawaban soal yang dimaksud. Sang dosen pun akan menjawab:
“Itu kan dari…” ada jeda sejenak.
“Hmmm, gimana ya…?!” kemudian hening yang lumayan panjang.
“Sabar ya…” masih belum ada kepastian. Biasanya di saat seperti ini, si dosen langsung mengubek-ubek buku catatannya.

4. Dosen Solitaire
Tahu game Solitaire? Itu loh, permainan kartu yang hampir selalu ada di setiap komputer. Nah, ada tipe dosen yang hobi banget main game ini. Karena hobinya inilah, beliau sering kebablasan main game ini di saat perkuliahan sedang berlangsung. Beliau pun kadang gak sadar kalo di saat main itu, rupanya komputernya tersambung ke LCD proyektor yang layarnya mengarah ke mahasiswa. Yah, kita sebagai mahasiswa kan mau negur gak enak, dibiarin bikin dosa karena terpaksa nahan ketawa berjam-jam. Nah, dosen tipe ini biasanya anti banget dengan game-game unyu semacam Angry Birds.

5. Dosen Curcol (Curhat Colongan)
Dosen tipe ini dekenal sebagai dosen yang suka berbagi. Karena sifatnya itulah beliau sering kelepasan curhat saat mengajar, atau dikenal dengan curhat colongan; curhat yang dilakukan pada waktu dan tempat yang gak tepat. Misalnya, saat sedang mengajar di kelas, ada mahasiswa yang bertanya: “Pak, perkiraan yang digunakan untuk mencatat secara akumulatif pembebanan biaya yang diakibatkan oleh pemakaian aktiva tetap ini apakah harus ditentukan dulu debit dan kreditnya?” maka si dosen angkat menjawab: “Maaf ya, Bapak lagi gak fokus ngajar. Bapak masih syok gara-gara Manchester United semalam kebobolan 3 goal. Huh!

6. Dosen Arisan
Dosen yang satu ini sangat pelit nilai. Dari puluhan mahasiswa, hanya akan ada 1 atau 2 mahasiswa yang mendapatkan nilai A, sedangkan sisanya harus bersyukur mendapatkan nilai B, C dan D. Khusus untuk mahasiswa yang mendapatkan nilai A, biasanya itu merupakan mahasiswa ‘pilihan’. Jadi, sistem penilaian si dosen ini semacam sistem arisan. Hanya mahasiswa yang beruntunglah yang bisa mendapat nilai A.

7. Dosen Twitter
Sama halnya dengan anak twitter kebanyakan, dosen ini pun suka banget banyak-banyakin followers dan sering minta di-follow oleh mahasiswanya dengan iming-iming nanti di-followback. Dunia… oh, dunia…

8. Dosen Demokratis
Dosen yang satu ini cara mengajarnya terbilang unik. Dari awal hingga akhir mata kuliah berlangsung, seluruh materi bahan ajar diserahkan kepada mahasiswa. Jadi, mahasiswa dapat giliran satu persatu untuk menjelaskan semua materi yang diberikan. Si dosen cukup menyimak dengan penuh kedamaian di kursinya. Ibarat kata, materi dari mahasiswa, oleh mahasiswa, dan untuk mahasiswa. Asli, demokratis banget!

9. Dosen Naik Haji
Dosen tipe ini orangnya sangat ambisius. Oleh karena itu, beliau gak mau kalah sama tukang bubur, pengin naik haji juga.

10. Dosen Dunia Lain
Tipe dosen ini terbilang misterius. Saking misteriusnya, terkadang mahasiswanya sampe gak kenal dan gak pernah lihat sosok si dosen. Iya, biasanyanya dosen jenis ini jarang sekali datang ke kampus bahkan sejak awal semester. Sungguh dosen yang bikin penasaran.


Nah, mungkin itu aja penjabaran gue tentang tipe dan jenis dosen berdasarkan hasil survei yang gue peroleh. Sebenarnya masih banyak tipe dan jenis dosen lainnya yang belum terpublikasi. Tapi, untuk kenyamanan bersama, jadi gue cuma share yang seadanya saja. Akhir kata, salam hangat terdahsyat untuk seluruh keluarga Indonesia! Lalala~ Yeyeye~ 
Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!