[Review] Setahun Berkisah — Wira Triasmara Surya, Roy Saputra, dkk.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional, para pembaca-kurang-setia blog ini.
Yak, 20 Mei bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional; salah satu hari penting bangsa Indonesia di setiap tahunnya. Kenapa salah satu? Karena masih banyak hari-hari penting lainnya. Misalnya, hari-hariku bersamamu. Uwuwuwuw~

Ngobrolin hari penting, kebetulan beberapa hari yang lalu gue baru aja menamatkan baca sebuah bukuyang juga kebetulanmengangkat tema hari raya. Hari raya yang dirayakan setiap tahun. Raya-ception
Buku yang ditulis oleh 8 pencerita ini berjudul Setahun Berkisah. Beberapa penulisnya tentu udah gak asing lagibagi pengguna Twitterkarena setiap hari mereka selalu nongol di timelinebagi yang follow. Atau kalo kalian hobi baca kumcer, mungkin pernah baca tulisan mereka di Cerita Sahabat, Cerita Sahabat 2, Perkara Mengirim Senja, Menuju(h), Rasa Cinta, dan Cerita Hati.

Berhubung judul post ini adalah review, jadi langsung aja deh gue review isi bukunya. Herwigo!


Judul : Setahun Berkisah; Cerita (Cinta) pada Setiap Musim
Penulis : Wira Triasmara Surya, Roy Saputra, dkk.
Penerbit : Bukuné
Tahun Terbit : April 2013
Cetakan : Pertama
Tebal : 310 hlm
ISBN : 6022200938


Aku mau tidak usah terlalu takut pada akhir dari sesuatu, tak peduli betapa besar dan berharganya sesuatu itu untukku, karena setiap akhir dari sesuatu adalah awal yang baru.Aku mau tidak takut pada kemungkinan-kemungkinan pada masa depan. Aku mau tidak takut memulai kembali.Aku mau jatuh cinta lagi. Hari ini mengajarkanku tentang semua itu.Selamat Tahun Baru. Love.

****
Tunjukkan dan rasakan cinta setiap hari, begitu katanya. Tidak peduli pada hari apa, musim apa, kamu selalu bisa merayakannya. Setahun Berkisah berisi delapan kisah cinta, delapan hari raya, dari delapan pencerita. Dengan keunikan tiap hari raya, latar belakang dan sudut pandang pencerita yang unik, kamu akan ikut dibawa merayakan cinta dengan banyak cara. Ada banyak cinta pada musim-musim ini. Cinta yang mengharapkan banyak hoki dan peruntungan ketika Imlek, cinta yang menunjukkan banyak wajahnya pada Hari Kasih Sayang—Valentine—cinta berselimutkan misteri dalam seramnya suasana Halloween, sampai cinta yang menemui akhir sekaligus memulai langkah barunya di pergantian tahun. Rayakan hari ini, karena besok selalu menjadi hari baru—mungkin pula, cinta yang baru.


Setahun Berkisah bukanlah buku kumpulan cerita pendek ataupun novel, melainkan sebuah novellet (atau mungkin novella?). Nah, biar gak panjang dan gue ribet jelasin, mending baca di sini deh beda antara novel, novella, novellet, dan cerita pendek.

Buku ini berisi 8 cerita dari 8 pencerita. Biar gue kupas satu persatu.
----

Se(d)jarah - Roy Saputra
Lagi dan lagi tulisan Roy Saputra memang gak pernah mengecewakan. Aaaak! Tulisannya di buku ini jadi opening yang juara. Cerita dengan tema hari raya IMLEK, ditambah bumbu cinta, petualangan, dan agak kedetektifan. Dikemas dengan jokes ala Roy yang selalu sukses bikin gue senyum lalu ketawa dengan penuh kharismatik. Tentang perjuangan Andre yang mengelilingi kota Jakarta untuk mengejar Sarah, perempuan yang ia cintai. Di sini, secara gak langsung, tokoh Andre mengajak pembaca mengelilingi kota Jakarta. Btw, ending-nya kurang ajar!

Satu Cinta Banyak RupaWira Triasmara Surya
Cerita tentang hari VALENTINE. Kayaknya, di sini Wira menulis dengan teknik multiple stories, yaitu beberapa cerita lepas yang masih ada benang merahnya. Tentang beberapa tokoh yang merayakan hari kasih sayang dengan cara yang beragam. Ada sedikit sentilan di tulisan ini, untuk yang masih pro-kontra dengan hari raya yang... ah, sudahlah.
 
Sepahit Empedu, Semanis MaduPribadi Prananta
APRIL MOP selalu identik dengan keisengan. Sama kayak gaya bercerita Pribadi (atau dikenal dengan panggilan Pipis) yang iseng dan nyeleneh, namun menghibur. Tentang tokoh Budi yang pada tanggal 1 April berniat ngisengin Delima, cewek kece pindahan dari Jepang. Kenapa harus Jepang? Mungkin karena om Pipis fans berat sekumpulan cewek enerjik yang nama grupnya punya embel-embel 48. Oke, sebut aja salah satunya JKT48. Kalo gue sih lebih ngefans sama BNI46. *ini idol group bukan sih?*

Aid-ul FitriAnita Prabowo
Mengangkat tema hari raya muslim. Ya, IDUL FITRI. Tentang tokoh Anggo, seorang pria mapan yang rindu kampung halaman ketika hari lebaran tiba. Sebuah cerita sederhana dengan amanat yang kaya... dan juga bikin gue mewek dengan suksesnya. Banyak scenes dan dialog yang bikin gue ingat almarhumah mamak. Tulisan yang hiks-able. Begitulah pokoknya.

Bukan Lagu CintaFaizal Reza
Cerita tentang hari KEMERDEKAAN... yang, nggg, agak maksa. Tapi gue tetap suka. Alur cerita yang dibuat maju-mundur gak bikin bosan. Penyiar radio bernama Nuara yang sedang on air dengan seorang narasumber bernama Cesa, cowok modus yang lumayan eksis di Twitter. Cerita yang diselingi playlist lagu-lagu cinta dan patah hati bikin gue jadi sejenak bernostalgia... dan nafsu gue untuk men-download lagu secara ilegal meningkat sebanyak 25%. Duh.

Aku Hanya Ingin DitemukanDannie Faizal
Tema HALLOWEEN yang diangkat membuat cerita Dannie agak beda dari yang lain. Sebut aja semi misteri. Tentang seorang penulis yang sedang mencari inspirasi untuk novel terbarunya namun mentok deadline, hingga akhirnya ia bertemu dengan Caca yang misterius. Ending dibuat menggantung, mengejutkan, dan bikin gue pengin gigit-gigit meja dan terus nonjok Arya Wiguna.

Bantal Senyum WinonaMaradilla Syachridar
Tentang Winona yang pergi guna memberikan ruang bagi Yann untuk mengambil sebuah keputusan tentang hubungan mereka, di hari NATAL. Dari judulnya, pasti udah bisa ditebak sedikit alurnya. Di cerita ini banyak terdapat dialog dan kalimat-kalimat manis yang quote-able.

Awal Baru untuk NalaTwelvi Febrina
Tulisan Twelvi jadi closing yang kece di buku ini. Gaya bercerita yang mengalir dan ide cerita yang lumayan unik, menurutku. Tentang TAHUN BARU, tentang Nala dan Armand, tentang kesetiaan, tentang pengkhianatan, dan tentang sebuah keputusan yang sejatinya menjadi pilihan.

---
Over all, hampir semua cerita di buku ini gue suka. Recommend this book. Silakan berburu buku ini di toko buku dan mari rayakan hari ini!
Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!