Dari Blogger Menjadi Penulis Best Seller

Dari blog menjadi buku? Ada. Dari blogger menjadi ‘penulis buku’? Banyak. Nah, tapi berapa banyak yang akhirnya jadi penulis buku best seller?

Jika mendengar istilah 'blog yang dibukukan', tentu kita sudah gak asing lagi dengan nama penulis beken yang satu ini: Raditya Dika. Seorang penggiat tulisan-tulisan komedi harian di blognya www.radityadika.com (dulunya www.kambingjantan.com), yang mendapat predikat sebagai blog yang pertama kali dibukukan di Indonesia.


Mungkin belum banyak yang tahu bahwa 'blog yang dibukukan' ini punya istilah tersendiri, yaitu blook. Apa itu blook?
BLOOK adalah istilah yang digunakan untuk buku cetak yang didasarkan pada konten blog. Sederhananya, blook itu blog yang dibukukan dan diterbitkan dalam bentuk cetak. Kata “blook” merupakan penggabungan dari kata “blog” dan “book”. Pada tahun 2002, Tony Pierce mengompilasi postingan di blog dan mengoleksinya jadi buku yang kemudian diberi judul Blook. Judul itu bukan darinya. Tapi di sebuah acara bertajuk Pierce Award, nama itu diusulkan oleh pembacanya yang bernama Jeff Jarvis dari BuzzMachine

Saat ini, banyak sekali buku atau novel yang diangkat dari tulisan 'mentah' di blog. Di bawah ini, adalah beberapa blogger yang telah sukses dengan blook-nya dan membawa nama mereka menjadi penulis buku-buku best seller.


1. Raditya Dika


Raditya Dika

Raditya Dika atau akrab disapa Radith mengawali keinginannya untuk membukukan catatan harian di  blog pribadinya, www.kambingjantan.com, saat ia memenangi Indonesian Blog Award 2003. Penghargaan itu membuatnya berkeinginan untuk mencetak tulisan-tulisan di blognya, lalu menawarkannya ke beberapa penerbit untuk dicetak menjadi sebuah buku. Awalnya, banyak yang menolak naskah yang ia ajukan. Hingga akhirnya ia berjodoh dengan penerbit GagasMedia, yang tertarik untuk membukukan blognya. Sejak saat itu, Radith dikenal sebagai pelopor blook di Indonesia dan sukses menjadi penulis yang keluar dari arus mainstream. Apalagi terbukti dengan terbitnya buku personal literature berjudul Kambing Jantan yang diambil dari nama blognya, terbilang laris manis di pasaran hingga dicetak ulang puluhan kali. 
Yang menjadi selling point dari buku-buku Radith adalah ide nama hewan yang selalu ia pakai dalam setiap bukunya. Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh (2005), Cinta Brontosaurus (2006), Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa (2007), Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang (2008), Marmut Merah Jambu (2010), dan Manusia Setengah Salmon (2011). Hebatnya lagi, buku Kambing Jantan dan Cinta Brontosaurus sudah pernah diangkat ke layar lebar.
Baca tulisan Radith tentang Tiga Elemen Penulisan Kreatif dalam Blog!

==========

2. Trinity 


Trinity
Trinity adalah seorang pegawai kantoran yang memiliki hobi traveling. Kisah-kisah perjalanannya rutin ia tuangkan dalam travel blog miliknya, www.naked-traveler.com. Gaya penulisannya yang dikenal ringan dan informatif, membuat blognya memiliki banyak penggemar yang disinyalir adalah orang-orang yang kebelet traveling. Trinity pun memutuskan untuk menerbitkan kisah-kisah dan tips perjalanan di halaman blognya dalam bentuk sebuah buku.
Buku pertama yang diterbitkannya diberi judul sama dengan nama blognya, The Naked Traveler. Seperti dijelaskan dalam bukunya, judul tersebut merupakan plesetan dari “Nekad” Traveler yang mencerminkan kenekadannya dalam melakukan perjalanan.
Sukses buku The Naked Traveler, membuat Trinity kembali merilis lanjutan buku tersebut hingga empat seri. Trinity juga menulis buku-buku lain berjudul TraveLove dan Duo Hippo Dinamis: Tersesat di Byzantium bersama Erastiany dan Sheila Rooswitha.
Baca tulisan Trinity tentang The Power of Blog!

==========

3. Agnes Davonar

Agnes Davonar

Agnes Davonar adalah nama pena dari kakak-adik Agnes (Agnes Li) dan Davonar (Teddy Li), yanga memulai karier sebagai penulis amatir di sebuah blog www.agnesdavonar.net. Karena aktif dan konsisten menulis karya fiksi di blog, membuat keduanya dikenal sebagai penulis online dan mempunyai banyak pembaca setia. Dari blog tersebut, mereka pun sukses melahirkan beberapa novel online dan ratusan cerita pendek yang begitu melekat bagi semua pembaca blog pribadinya. 
Tulisan mereka banyak tersebar di dunia maya, hingga mendapatkan banyak penghargaan blogger, seperti Penulis Terbaik Pesta Blogger 2009, The Most Influential Blogger 2010, Finalis Microsoft Bloggership 2010, dan terpilih menjadi blogger terbaik Asia Pasifik 2010. Bisa dibilang, blog sudah jadi tulang punggung perekonomian keluarga mereka.
Tulisan dari blog Agnes Davonar yang pertama kali dibukukan adalah Misteri Kematian Gaby dan Lagunya Jauh, namun nama mereka lebih dikenal luas setelah menerbitkan novel fenomenal berjudul Surat Kecil Untuk Tuhan, yang mengantar mereka meraih beberapa penghargaan. Novel lain yang telah mereka terbitkan atara lain Sahabat; Tentang Cinta, Kisah Cinta dan Tragedi Kehidupan, Oei Hui Lan; Kisah Tragis Putri Orang Terkaya di Indonesia, dan My Blackberry Girlfriends. Lebih dari 4 novelnya sudah dingkat ke layar lebar.

==========

4. Muhammad Assad

Muhammad Assad
Muhammad Assad mulai dikenal sejak ia aktif menuliskan kisah dan problematika hidupnya sehari-hari di blog www.muhammadassad.wordpress.com, selama ia berada di Qatar. Di blog tersebut, ia juga sering menulis dan mendiskusikan tentang hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari beserta solusinya dari sudut pandang Islam, yaitu dengan pendekatan Al-Qur’an dan hadits. Karena kekhasannya menulis berbagai topik agama dengan ulasan yang ringan, tulisan Assad berhasil menarik perhatian banyak pengguna internet.
Langkah awalnya menerbitkan buku dimulai ketika Assad menawarkan draft tulisan dari halaman blognya yang diberi judul Notes From Qatar kepada penerbit di Indonesia. NFQ pun mendapat respons positif dari PT Elex Media Komputindo, grup Kompas Gramedia, yang bersedia menerbitkannya sebagai buku. 
Buku NFQ sukses menjadi national best seller setelah diterbitkan, yang akhirnya membuat Assad sering diundang di beberapa seminar motivasi untuk kalangan remaja. Sukses buku pertama, Assad pun menerbitkan Notes From Qatar Jilid 2. 


PS: bagi yang mau menambahkan nama-nama penulis yang awalnya dari blogger, silakan isi di kolom komentar. :)


Next
Previous
Click here for Comments

28 komentar:

avatar

Kalo bg alitt gimana tuh? Tapi gatau juga sih..

avatar

Setahuku, buku Shitlicious-nya Alitt Susanto kayaknya bukan dari blog deh. Kalo Skripshit, mungkin iya, ada beberapa tulisan di bukunya yang diambil dari blog.
CMIIW.

avatar

wisss keren. semua orang pasti pngen blognya di bukuin yaaa u,u

avatar

Bagaimana dengan Valiant budi yogi aka vabyo dengan buku non fiksi Kedai 1001 mimpi? Pernah ditulis di blog juga, namun dihapus dikarenakan untuk kepentingan buku..

avatar

Tinggal Bang Rido. Semoga bisa ikut menuai kesuksesan yang sama. :D

avatar

wah baru tahu ternyata notes from Qatar berangkat dari blogger.. teman saya kebetulan recommend bukunya terus.. nice post :)

avatar

Iya. Kedai 1001 Mimpi juga dari blog.
Kasusnya sama kayak Kambing Jantan. Sama-sama diterbitin GagasMedia, terus beberapa post yang dimuat di buku dihapus dari blog.
Mungkin kebijakan dari penerbit, biar gak jadi spoiler atau menghindari pelanggaran hak cipta (kalo nanti ada yang copas).

avatar

Wah gue kapan nih jadi kayak yang di atas ? Hmm menggiurkan ya :)))

avatar

buku JAKARTA UNDERKOMPOR juga diambil dari blog, Do, lupa penulisnya siapa

avatar

jadi iri liat mereka.
semangat !!!

kita pasti bisa menjadi penulis yang dikenal orang, seperti mereka

kalau berkenan, main ke blog ku juga ya

avatar

Novelku, "Waktu Aku sama Mika" juga awalnya dari blog, lho, hihihi :)

avatar

Yang pengin baca2 novel gratis, mampir ke sini yuk! ;)

Http://nayacorath.wordpress.com

avatar

cuma tahu raditya dika aja

http://seivthalife.blogspot.com/ .

avatar

Dari iseng jadi rejeki yaaaah.

http://behahijauberjalan.blogspot.com/

avatar

Waah dunia maya bisa membuat org cpt tenar yahh, coba dari dulu aja ,pasti byk org yg tenar berkat dumay, hehe :)

avatar

hebat Dari Blogger Menjadi Penulis Best Seller

avatar

Tulisan dari blog Agnes Davonar yang pertama kali dibukukan adalah Misteri Kematian Gaby dan Lagunya Jauh

avatar

cuma tahu bang raditya dika

ketahuan banget ni saya masih awam dalam dunia blogging.
Ahahaha

gpp lah, semoga semakin lama saya makin kenal dengan para penulis blog yang lainnya

avatar

Cukup bagus itu. Bila blog dibukukan tentu saja karya yang dipamerkan mampu menarik minat pembaca!

avatar

Cukup bagus itu. Bila blog dibukukan tentu saja karya yang dipamerkan mampu menarik minat pembaca!

avatar

Wah... keren jadi pengen seperti mereka hehehehee

avatar

Kereen... Semangaat dan terus majuu^^

avatar

Wow keren-keren, mudahan kedepan ada keberuntungan juga

avatar

Raditya Dika yang paling keren menurutku

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!