Sabtu, 17 Agustus 2013

[Review] Student Guidebook For Dummies — Kevin Anggara

Menulis buku itu mudah, asal mau dan memanfaatkan peluang. Jika kamu seorang mahasiswa, maka cerita sehari-hari di kos dan kampus bisa ditulis dan dijadikan buku. Jika kamu seorang selebriti, perjalananmu dalam dunia entertainment bisa dibikin buku. Jika kamu bukan siapa-siapa, maka curhat asal-asalan tentang berbagai isu yang gak kamu mengerti pun bisa jadi buku.

Buku gak harus tebal dan formal. Buku juga gak harus baku dan kaku dengan satu tema. Buku bisa saja merupakan kumpulan tulisan random tentang pengamatan terhadap berbagai topik atau situasi. Seperti buku yang akan aku review kali ini, judulnya Student Guidebook For Dummies yang ditulis oleh seorang pelajar SMA bernama Kevin Anggara. Kalo ada yang pernah baca tulisanku tentang beberapa blogger yang akhirnya jadi penulis, maka penulis buku ini adalah salah satu contoh kecilnya.



Judul : Student Guidebook for Dummies;
 Panduan Ngaco Pelajar Keren!
Penulis : Kevin Anggara
Penerbit : Bukuné
Tahun Terbit : Agustus 2013
Cetakan : Pertama
Tebal : 260 hlm
ISBN : 6022201071 


Lo pasti tau, dong, kalo pemerintah mencanangkan wajib sekolah 12 tahun. Itu artinya sebagian hidup kita akan dihabiskan di sekolah! Panik? Sedih? Galau? Nggak perluuuu. Nih, Kevin Anggara—si pelajar absurd dan banyak akal—akan bagi-bagi tip dan trik menikmati hidup sebagai pelajar.
Trik buat melunakan keganasan guru killer? Tenang, ada tutorial senyum maut yang cocok. Mau bergaul sama anak-anak keren sekolah? Ih, ceteeeek. Pengen banyak jajan, tapi uang saku seadanya? Gampang masalah perut mah, Sob! Serem sama kakak kelas yang judes? Hmm… bikin aja doi jatuh cinta sama lo. Hihihi…
Pokoknya, nggak akan ada lagi males-malesan ke sekolah, apalagi pusing menghadapi ujian. Ucapin bye-bye sama dua hal itu! Percaya, deh, sekolah nggak melulu serius dan membosankan kalo kita tau caranya.

Sesuai kata 'guidebook' yang tercantum di sampul, buku ini bisa dikategorikan sebagai buku how-to bagi remaja yang notabene pelajar. Konten tulisan di buku ini berisi tips atau panduan dan beberapa cerita keseharian penulis. Sebut saja semi-personal literature. Student Guidebook For Dummies atau disingkat SGFD dibagi menjadi 7 bab. Ada bab tentang MOS, keseharian pelajar, tentang guru, hingga bahasan-bahasan penting-gak-penting lainnya. 
Buku ini gak mengecewakan untuk takaran tulisan seorang pelajar kelas 1 SMA. Salut buat Kevin, masih muda udah punya karya yang bisa dibanggakan. Dulu, waktu aku masih kelas 1 SMA... boro-boro kepikiran bikin buku, bikin PR aja kadang masih harus dicambuk dulu baru mau dikerjain. Biadab memang.

Yang menarik dari buku ini adalah kemasannya. Such a pleasure for my eyes to see all of well-done illustrations and layouts in every pages on this book. Penataan buku yang dipenuhi ilustrasi yang cihuy begitu mendukung isi tulisan. Benar-benar ingin menyampaikan bahwa buku ini aktif, dinamis, dan menyenangkan. Cocok untuk para pelajar yang sering malas baca bacaan yang 'berat' seperti buku-buku dari peradaban Mesir kuno. Berat, kan, tuh?

Meskipun tergolong komedi lifestyle yang terkesan ditulis asal-asalan oleh seorang pelajar berkacamata, but some stories contained a really good moral value. Buku ini layak untuk menghuni perpustakaan sekolah!
SGFD cukup menghibur, walaupun bagiku cuma sampai di level bikin cengar-cengir. Tapi, btw, chapter yang memuat soal-soal nyeleneh di buku ini lumayan bangke juga. Hahaha. Lucunya kurang nendang, mungkin karena ada beberapa jokes di buku ini yang sebelumnya udah pernah aku baca, entah di socmed atau di forum ibu-ibu pengajian. Mungkin penulis perlu lebih banyak referensi bacaan (terutama komedi) biar punchline-nya makin aduhai. Kevin pantas diberi kesempatan kedua untuk menulis buku yang lebih baik dari ini. I'll wait for his second book!
 

6 komentar:

  1. Makasih reviewnya :D
    Btw, gue udah 2 SMA hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh, kirain gak naik kelas? Bhahahak.

      Hapus
  2. mana bro #GiveAway #BukuKevin'nya ditunggu lho :D

    BalasHapus
  3. mantep juga ye pelajar sma udah jago nulis buku..
    patut dicontoh nih

    BalasHapus
  4. bukunya keren banget. sampe ngakak-ngakak tengah malam. hihi

    BalasHapus

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!