Sabtu, 07 Desember 2013

Beberapa Artis yang Menulis Buku

Writers are born, not made” begitulah pemahaman orang awam terhadap sosok penulis. Katanya, menjadi penulis adalah bakat murni. Padahal, nggak, kan? Karena setahuku, bakat itu bukan sebab, tapi akibat. Menulis juga termasuk keterampilan; sama seperti menyanyi, sepak bola, tari balet, balap motor, atau bermain Yo-yo. Semuanya bisa dilatih. Semuanya butuh proses belajar nggak hanya dalam hitungan hari dan bulan, melainkan bisa bertahun-tahun. Nggak jauh beda ya sama proses pedekate sebelum pacaran? Halah!

Selain fakta di atas, fakta lain yang harus diluruskan adalah, bahwa nggak semua penulis mesti lahir dari keluarga penulis. Menjadi penulis nggak harus memiliki dinasti. 
Sebut saja, J.K. Rowling, penulis asal Skotlandia, beliau hanya seorang ibu tunggal beranak satu saat menulis seri Harry Potter. Artinya, semua orang dari berbagai kalangan dan profesi, bisa menjadi penulis buku... asal punya kemauan dan melatih kemampuan. 

Di Indonesia, selain selebriti yang aji mumpung jadi penyanyi, atau penyanyi yang jadi politikus, ternyata banyak juga selebriti (artis) yang aji mumpung menjadi penulis. Dimulai dari gebrakan Dewi Lestari atau akrab disapa Dee, yang meluncurkan novel fiksi ilmiah populer berjudul Supernova: Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh pada tahun 2001. Setelah itu, nggak terhitung lagi kaum selebriti Indonesia yang ikut menulis/menerbitkan buku. Uniknya, hampir semua buku yang mereka tulis dilirik pembaca. 

Menurut KBBI, selebriti adalah orang yang terkenal atau masyhur (biasanya artis). Sedangkan, artis adalah seorang ahli seni; seniman, seniwati (seperti penyanyi, pemain film, pelukis, pemain drama).

Nah, berikut adalah beberapa nama selebriti yang turut meramaikan dunia kepenulisan di Indonesia:

taken from here
Dewi Lestari (Penyanyi)
Novel Supernova: Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh, 2001
Novel Supernova: Akar, 2002
Kumpulan Prosa dan Puisi Filosofi Kopi, 2003
Novel Supernova: Petir, 2005
Kumpulan Cerita Rectoverso, 2008
Novel Perahu Kertas, 2009
Kumpulan Cerita Madre, 2011
Novel Supernova: Partikel, 2012


taken from here
Rieke Diah Pitaloka (Aktris)
Kumpulan Puisi Renungan Kloset: Dari Cengkeh Sampai Ultrecht, 2003 
Buku Filsafat Kekerasan Negara Menular ke Masyarakat, 2004  
Kumpulan Puisi Ups!, 2005
Kumpulan Puisi Sumpah Saripah, 2011








taken from here
Happy Salma (Aktris)
Kumpulan Cerita Pulang, 2006
Kumpulan Cerita Telaga Fatamorgana, 2008
Kumpulan Surat Bersahut: Hanya Salju dan Pisau Batu, 2010 - (kolaborasi dengan Pidi Baiq)









taken from here

Melly Goeslaw (Penyanyi) 
Kumpulan Cerita 10 Arrrrrgh, 2007
Memoar Balance, 2012










taken from here
Fitri Tropica (Aktris, Model, Presenter)
Memoar Kening, 2011








taken from here
Indra Herlambang (Presenter, Aktor)
Memoar Kicau Kacau: Curahan Hati Penulis Galau, 2011












taken from here

Nadine Chandrawinata (Model, Aktris)
Memoar Nadrenaline, 2012












taken from here
Asmirandah (Aktris)
Kumpulan Cerita Lovandah, 2012











Selain nama-nama di atas, masih ada banyak artis yang konon juga menulis buku, seperti Intan Nuraini, Tamara Geraldine, Lola Amalia, dll. 
Artis itu bermakna pekerja seni, jadi memang sudah semestinya berkarya dengan seni. Daripada menjual sensasi, lebih baik menjual karya. Dengan me(njadi pe)nulis, misalnya.

20 komentar:

  1. Baru tahu Dee aslinya penyanyi. Kirain selaama ini memang asli penulis. Yah soalnya buku2nya beliau tuh menunjukan dia udah cukup lama banget berkecimpung di dunia tulis-menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dee itu mantan personel grup vokal RSD. Selain itu, mantan istri penyanyi, Marcell. Adik kandungnya juga vokalis di grup band Mocca. Kurang artis apa coba? Haha

      Hapus
    2. Baru tau kalo vokalisny mocca itu adikny dee.kemana aja sih saya.pdhl penggemar mocca&novelny dee.

      Hapus
  2. Mungkin disamping menjadi artis, mereka mau melatih/menguji skill entertainer diri masing-masing..
    +/- dan itu pun jg sama kaya gue mulai suka nulis karena pengen ngelatih skill nulis buat Skripsi.. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses skripsinya. Semoga lekas wisuda dan jadi artis! \○/

      Hapus
  3. Serius gue baru tahu kalau ternyata banyak juga penulis dari kalangan artis ya. Keren

    BalasHapus
  4. Banyak juga ya, artis yang suka menulis dan jadi penulis ^^

    BalasHapus
  5. Bisa kita pahami bahwa, skill menulis itu bukanlah sebuah bakat yang hanya dimiliki orang-orang tertentu. Sebab semua orang bisa menulis ... hehehe. Pak sby malah bikin album lagu. Ada satu orang lagi kang, yang artis film ketika cinta bertasbih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, baru ingat, Oki Setiana Dewi. Padahal hampir punya semua bukunya. .____.

      Hapus
    2. waah fansnya OSD yaaa hihi. Bukunya bagus2? Aku lom punya nih.

      Hapus
  6. nice info :D, baru tau gue mereka nulis buku eheheh, visit balik ya

    BalasHapus
  7. post yang informatif, Do. Jadi kepengin beli dan baca kumcernya Asmirandah. I admire her, anyway bukan admire you. :p

    BalasHapus
  8. Nice info, dude.
    Tapi dengan sangat disayangkan. Banyak penulis berbakat kurang mendapat perhatian dari pembaca. Karena mereka kalah pamor sama artis. Gue pernah baca buku yang di tulis sama artis, dan biasa aja. Hmm...

    BalasHapus
  9. Yah, dan sekarang lagi hot-hotnya seleb twit atau anak sosmed berfollower banyak menjadi penulis. :))

    BalasHapus
  10. Ya bray!
    Dengan menulis kita bisa berkarya

    BalasHapus
  11. Ya bray!
    Dengan menulis kita bisa berkarya

    BalasHapus
  12. Banyak manfaat dan kesuksesan diluar dugaan setelah kita menulis terutama memiliki karya buku. Fery komeng- penulis muda.

    BalasHapus

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!