Lagu dengan Liriknya yang Multitasking

Sepanjang karierku sebagai penikmat musik tanah air, sebisa mungkin aku selalu berusaha untuk up-to-date dengan lagu-lagu yang lagi hits. Dari zaman jadi anak nongkrong yang wajib mantengin chart lagu di MTV Ampuh, sampai zaman jadi anak alay keracunan acara musik yang dipandu host kemayu. Dari yang dulu iseng mencatat semua lirik lagu terbaru di binder sambil dengar radio dengan penuh penghayatan, sampai yang sekarang tinggal ketik judul lagu di kolom pencarian google, dan TARAAAAA! lirik lagu A Thousand Years-nya Christina Perri bisa langsung terpampang di layar smartphone.

Sebentar, tarik napas dulu. Nulis paragraf di atas lumayan bikin ngos-ngosan.

Seiring perkembangan musik dan bermunculannya penyanyi dan band-band baru, lagu yang muncul pun makin beragam. Ada yang ingin Selingkuh Sekali Saja, ada yang Memilih Setia. Ada yang cuma Cinta Satu Malam, ada yang Sampai Akhir Menutup Mata. Ada Status Palsu, ada Alamat Palsu, dan ada juga yang Oplosan

Genre lagu pun makin beragam, ditambah lirik lagu dengan tema banyak macam. Di Indonesia, kayaknya tema cecintaan masih jadi opsi paling dominan yang diangkat. Bukan begitu, duhai air kobokan warteg?

Tapi, ada nggak yang ngeh kalau beberapa lagu dari band/penyanyi lokal ini sering ambigu? Sudut pandang tokoh di lagunya labil dan sering multitasking? Aku sih nemuin ada tiga lagu. Mari kita analisis satu persatu. 


-----

Judul lagu: Rasa Ini
Penyanyi: Vieratale (dulu namanya Vierra)
Ciptaan: Kevin Aprilio

Mungkinkah kau merasakan
Semua yang kupasrahkan
Kenanglah kasih... 
Kusuka dirinya, mungkin aku sayang   
Namun apakah mungkin kau menjadi milikku
Kau pernah menjadi... menjadi miliknya
Namun salahlah aku, bila kupendam rasa ini

Jadi ceritanya, di lagu ini si vokalis—Widi—menyukai dirinya. Namun si Widi bertanya-tanya apakah kau bisa jadi miliknya. Nah, bingung kan, jadi si Widi ini sukanya sama dia atau sama kau? Multitasking

Solusi lirik yang logis: "Kusuka dirimu, mungkin aku sayang. Namun apakah mungkin kau menjadi milikku?" Lebih pas kan, Mas Kevin Aprilio?

-----

Judul: Lumpuhkan Ingatanku
Penyanyi: Geisha
Ciptaan: Robby 'Geisha'

Jangan sembunyi
Kumohon padamu jangan sembunyi
Sembunyi dari apa yang terjadi
Tak seharusnya hatimu kau kunci 
Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia
Hapuskan memoriku tentang dia
Hilangkanlah ingatanku jika itu tentang dia
Kuingin kulupakannya

Si vokalis—Momo—memohon padamu supaya jangan sembunyi dan jangan mengunci hati. Lalu, Momo ingin ingatannya lumpuh dari pikiran tentang dia, bukan kamu. Bingung, nggak? Jadi, si Momo ini sebenarnya ingin melupakan kamu atau dia sih?

Solusi lirik yang logis: "Lumpuhkanlah ingatanku jika itu tentang kamu. Hapuskan memoriku tentangmu." Walaupun masih jadi misteri juga siapa yang diperintahkan si Robby untuk melumpuhkan ingatan Momo. SIAPA, MAS? SIAPAAA?

-----

Judul lagu: Terpukau
Penyanyi: Astrid
Ciptaan: Ade 'Govinda'

Aku memang belum beruntung
Untuk menjatuhkan hatimu
Aku masih belum beruntung
Namun tinggi harapanku
'Tuk hidup berdua denganmu 
Aku sempurna denganmu
Kuingin habiskan sisa umurku
Tuhan, jadikanlah dia jodohku 
Hanya dia yang membuat aku terpukau

Diceritakan, Astrid merasa hidupnya sempurna denganmu. Pas Astrid lagi ngobrol sama kamu, tiba-tiba Astrid memohon kepada Tuhan, agar si dia dijadikan jodohnya. Jadi, si kamu di lagu ini di-PHP-in. Kasihan.

Solusi lirik yang logis: "Aku sempurna dengannya, kuingin habiskan sisa umurku. Tuhan, jadikanlah dia jodohku." Semua kata 'kamu' sebaiknya diganti jadi 'dia' aja ya, Mas Ade.

-----

Penting banget ya, aku nulis beginian. Ya sudahlah, namanya juga kurang kerjaan. Mari kita ambil saja hikmah dari musibah ke-multitasking-an lirik lagu-lagu ini. 

Salam,
Rido Twiboy
Next
Previous
Click here for Comments

5 komentar:

avatar

Hahaha. Ini bisa banget cari-cari kesalahan. :p
Tapi hal yang kayak gini keren banget. Jarang terlintas dipikiran orang lain untuk bahan postingan.
Yaudah deh, namanya juga komentar. Ambil aja hikmahnya.


avatar

nah iya ituuu Momo geisha kok ya nyadar kalau multitasking.. padahal sering dengerin sinetronnya *lah*

avatar

gue speechless baca nya... ide nya bisa aja buat bikin postinga... udah ya. yaudah.

avatar

Iya, ambil saja hikmahnya.

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!