Tokoh Novel Lokal yang Jadi Idola Para Cewek

Tokoh atau penokohan adalah syarat wajib yang harus ada dalam sebuah karya fiksi seperti novel. Itulah kenapa tokoh termasuk ke dalam unsur intrinsik penting selain tema dan plot. 

Seringkali, tokoh disamakan dengan istilah karakter atau watak. Namun, sesungguhnya berbeda. Tokoh adalah para pelaku yang terdapat dalam sebuah fiksi, sedangkan karakter merujuk pada istilah watak yang berarti kondisi jiwa atau sifat dari tokoh tersebut. Jadi, tokoh adalah pelaku yang berada dalam karya fiksi, sedangkan karakter atau watak adalah perilaku yang mengisi diri tokoh tersebut. (disadur dari sini)

Ada banyak jenis tokoh-tokoh dalam karya fiksi, seperti tokoh protagonis dan antagonis, tokoh utama dan tokoh tambahan, tokoh statis dan tokoh berkembang, tokoh sederhana dan tokoh bulat, serta tokoh tipikal dan tokoh netral. Namun, pernahkah kita perhatikan, secara nggak sadar, ada tokoh-tokoh dalam karya fiksi seperti novel yang memorable dan malah jadi idola pembaca. Padahal, karakter dan deskripsi tokoh tersebut hanya digambarkan lewat narasi penulis. Tapi oleh imajinasi pembaca, divisualisasikan sebagai sosok idola, yang seolah-olah nyata.

Salah satu tokoh fiksi luar yang sukses jadi idola adalah Edward Cullen, tokoh fiksi dalam seri Twilight karangan Stephenie Meyer. Walaupun dijelaskan bahwa Edward adalah seorang vampir, tapi penulis menuliskan deskripsi yang menarik. Edward digambarkan sebagai sosok lelaki tampan yang memiliki tulang pipi sempurna, rahang yang kuat, hidung lurus, dan bibir penuh. Rambutnya selalu berantakan. Matanya begitu hijau, berwarna topaz. Dan, memiliki tubuh ramping tapi berotot.

Nah, di kalangan novel lokal juga harusnya ada tokoh-tokoh fiksi idola macam Edward ini. Sebut saja Lupus, tokoh fiksi dalam serial novel berjudul sama karangan Hilman Hariwijaya. Lupus identik dengan jambul dan permen karet yang nggak pernah lepas darinya. Di tahun 80-an, Lupus termasuk tokoh fiksi idola.

Selain Lupus, ini dia nama-nama tokoh fiksi novel yang sering dielu-elukan oleh pembaca cewek dan diharapkan kehadirannya ada di dunia nyata.


1. Harris Risjad (Antologi Rasa)

Cewek mana yang nggak delusional dengan tokoh rekaan Ika Natassa yang satu ini. Di dalam Antologi Rasa, Harris Risjad digambarkan sebagai tokoh playboy kelas kakap, the ladies man. Tapi, walaupun so fuckin' adorable, Harris selalu gagal mendapatkan hati seorang Keara. Jadilah Harris ini tokoh playboy tergalau karena jadi korban friendzone. Ika Natassa memang dikenal pintar menciptakan karakter idola, sampai-sampai beliau bikin akun Twitter pribadi untuk tokoh Harris, demi melengkapi delusionalnya para cewek-cewek lemah iman. Ya, Harris Risjad bisa disepik di akun @harrisrisjad!


2. Dilan (Dilan)

Pada dasarnya, cewek itu senang digombali. Itulah yang membuat tokoh Dilan rekaan Pidi Baiq ini berhasil masuk ke jajaran tokoh fiksi idola. Dilan digambarkan sebagai cowok SMA, bad boy, anak geng motor, tapi lucu dan baik hati. Yang menjadi daya tarik adalah cara Dilan memperlakukan pacarnya, Milea, sangat istimewa. Gombal-gombalan Dilan kepada Milea seolah-olah ditujukan juga kepada pembacanya. Sederhana tapi mengena, membuat Dilan romantis dengan caranya sendiri. Belum lagi hadiah-hadiah dari Dilan untuk Milea yang bikin cewek-cewek in real life pasti mupeng setengah mati. 


Selamat ulang tahun, Milea. Ini hadiah untukmu, cuma TTS. Tapi sudah kuisi semua. Aku sayang kamu. Aku tidak mau kamu pusing karena harus mengisinya. - Dilan
Beuh!


3. Beno Wicaksono (Divortiare dan Twivortiare)


Lagi-lagi, Ika Natassa adalah penulis genius yang pandai menciptakan tokoh idaman seperti Beno Wicaksono, dokter bedah yang muda, ganteng, cuek, dan hot. Tokoh Beno juga 'dihidupkan' oleh Ika lewat akun Twitter Alexandra di @alexandrarheaw, tokoh bankir muda yang notabene istrinya Beno. Tokoh cowok satu ini makin dicintai walaupun ada perubahan sikap yang kentara di Divortiare dan Twivortiare. Padahal tokoh Beno digambarkan sudah om-om, berbulu, dan banyak makan, tapi tetap banyak groupies-nya!

4. Regan, Romeo, Rex, dan Rafael (The Chronicles of Audy)


Regan, Romeo, Rex, dan Rafael atau disingkat 4R adalah tokoh-tokoh komikal yang diciptakan Orizuka dalam seri novel The Chronicles of Audy. Regan yang ganteng, berwibawa, dan tegas. Romeo (22 tahun) yang lumayan ganteng, santai, dan dekil. Rex (17 tahun) yang genius, tapi dingin. Dan, Rafael (4,5 tahun) yang hampir memiliki semua sifat kakak-kakaknya. Ya, mereka ini empat beradik. Orizuka menggambarkan mereka sebagai sosok yang saling kontra, tapi masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Keempatnya dipertemukan dengan Audy, tokoh cewek yang dengan randomnya menjadi asisten di keluarga 4R. Pembaca seolah dipaksa untuk memilih akan mendukung siapa yang cocok dijodohkan dengan Audy (tentu saja minus Rafael). Walaupun too good to be true, tapi mereka ini layak masuk nominasi tokoh cowok idola. 


5. Bobby Dirga (Flip-Flop)

Oke, oke, yang ini memang subjektif. Bobby Dirga adalah tokoh yang aku buat tanpa terencana dan muncul di novel Flip-Flop. FYI, dalam novel, aku sama sekali nggak menyebut nama lengkapnya. Bobby bukan sosok yang ganteng, malah cenderung pas-pasan. Cowok biasa berambut ikal yang perutnya agak bergelambir. TAPI, DIA HUMORIS DAN SETIA. CEWEK MANA SIH YANG NGGAK SUKA SAMA COWOK HUMORIS? COWOK ROMANTIS KALAH KE MANA-MANA!

*digebukin*


______________

PS: silakan tulis nama tokoh fiksi idolamu di kolom komentar!
Next
Previous
Click here for Comments

10 komentar:

avatar

Nah, ini nih postingan yang Rido banget. Cowok pecinta novel. :D Tokoh favorit saya sih tetep Ibam di 3 Kopla Mengejar Cinta.

avatar

Tulisan ini dibikin berkat request kamu. Hahaha.

Tokoh Ibam menarik sih, tapi kurang lovable. :))

avatar

Kalo tokoh favorit aku, Roy Saputra di Trave(love)ing. *EAAAA :)))*

avatar

Kalau aku Minggu tulah Do. Jarang ada tokoh pake nama hari begitu ahahahahha

avatar

REX! ><
Kirain nggak bakal ada di listnya. Ternyata ada. Wkwk


Itu Dilan kayaknya primadona para cewek ya? Belum baca, ntar Rex tergantikan T-T

avatar

Saingannya Bobby di #FlipFlop nggak ada mirip-miripnya sama Dilan ya?

avatar

Keren nih novel udah baca tapi blom tamat hehe

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!