10 Film India Favorit

Selain rajin memberi rating di Goodreads untuk buku-buku yang sudah kubaca, sejak setahun terakhir aku punya kebiasaan memberi rating ke setiap film yang sudah kutonton. Kebiasaan ini terbantu oleh IMDb, situs/aplikasi movie-guide untuk pencinta film di seluruh dunia. Selain bisa memberi rating, di situ juga kita bisa melihat informasi detail film, mulai dari yang internal kayak judul, pemain, produser, sutradara, tanggal rilis, trailer, trivia, quotes, sampai soundtrack; atau juga informasi eksternal kayak review, kritik, penghargaan, pendapatan film, sampai update berita tentang film yang sudah dan akan rilis (coming soon).

Karena punya akun profil di IMDb, secara nggak langsung aku jadi punya "top rated" versi sendiri. Isinya film-film dengan rating di atas angka 8 bahkan sampai nilai sempurna, 10. Tentu saja semuanya subjektif, menurut seleraku sendiri.

Jadi, kemarin waktu iseng cek film-film di daftar "top rated", surprisingly ternyata di situ lumayan banyak film produksi Asia alih-alih film hollywood, padahal tontonanku didominasi film barat. Dan, beberapa film favoritku ternyata banyak film bollywoodsebutan nggak resmi untuk film India populer. Beberapanya lagi adalah film Thailand dan Korea (mungkin kapan-kapan akan kubuat daftarnya).

Setelah disusun jadi lis, inilah 10 film India favoritkudiurutkan dari yang suka sampai yang paling suka:



A Wednesday (2008)
Bercerita tentang om-om anonim yang meneror kepolisian untuk membebaskan empat orang teroris yang sedang ditahan. Om-om yang sudah beruban itu mengancam untuk mengebom seluruh sudut kota Mumbai kalau permintaannya nggak dituruti. Peristiwa itu terjadi di hari Rabu dan jadi peristiwa paling mengerikan di Mumbai tapi nggak pernah tercatat dalam catatan kriminal. Film India dengan durasi paling singkat (nggak sampai 2 jam) yang pernah kutonton. 



Bajrangi Bhaijaan (2015)
Tentang seorang gadis kecil dari Pakistan yang mengalami kebisuan, tapi alhamdulillah pendengarannya bagus. Gadis ini terpisah dengan ibunya di kereta api dan tersesat, lalu bertemu pria bernama Bajrangi yang beragama Hindu. Bayangin, bagaimana susahnya memulangkan anak kecil bisu, belum lagi ada tembok bernama agama yang mesti dilawan. Adegan di ending-nya sedih parah.



Barfi! (2012)

Berkisah tentang pria bisu-tuli bernama Murphy (biasa dipanggil Barfi karena doi sulit mengeja namanya sendiri), tapi memiliki kecerdasaan di atas rata-rata. Selain cerdas juga ganteng, tapi tetap aja ditinggal nikah karena pacarnya lebih memilih dijodohkan dengan pria lain. Huuu! Kemudian Barfi dihadapkan dengan pristiwa penculikan nggak disengaja yang melibatkan gadis dengan keterbatasan mental. Petualangan Barfi yang seru dan penuh haru.



PK (2014)

Film komedi satire yang sempat menuai kontroversi karena dinilai menyinggung isu SARA. Bercerita tentang alien bertubuh persis manusia yang turun ke bumi, dan bagaimana usahanya untuk mencari 'Tuhan'. Menyentil isu salah sambung dan intoleransi dalam beragama yang disampaikan dengan sangat menghibur. Wajib ditonton oleh mereka yang suka menjustifikasi keimanan orang lain dari luar.



Udaan (2010)

Kehidupan bapak dan anak nggak selamanya harmonis, itu pesan yang disampaikan film ini. Bercerita tentang siswa di sekolah asrama bernama Rohan, yang dikeluarkan dari sekolah karena ketahuan menonton film porno bersama ketiga temannya. Dengan terpaksa Rohan harus pulang ke rumah, bertemu ayahnya yang sangat otoriter, keras, dan temperamental. Bahkan ayahnya menolak keras ketika tahu bahwa passion Rohan adalah menulis puisi. Film yang berakhir ironi, tapi realistis.


Kahaani (2012)
Bagi pencinta genre suspense, thriller, misteri, film ini sangat layak ditonton. Tentang seorang wanita hamil yang berjuang mencari suaminya yang hilang, setelah peristiwa gas beracun di kereta mono rail dua tahun sebelumnya. Alurnya sangat bagus dan cerdas, dengan banyak kejutan di sepanjang film. Tema feminisme yang menunjukkan kekuatan dan perjuangan seorang wanita, kendati sedang hamil.

Rahasya (2015)
Film thriller dan misteri berikutnya yang layak ditonton. Drama pembunuhan dengan konflik yang kompleks. Berkisah tentang seorang gadis yang meninggal dengan leher tersayat di kamarnya sendiri. Pencarian terhadap siapa pelaku pembunahan tersebut ternyata membuka tabir masa lalu keluarganya. Penonton digiring untuk menebak siapa pelakunya, dan bersiaplah untuk kesal karena tebakanmu pasti salah. Aku aja masih kesal!

Taare Zameen Par (2007)
Salah satu film yang paling menguras air mata. Diceritakan seorang anak kecil bernama Ishaan selalu dianggap bodoh, nakal, dan malas oleh orangtuanya. Hingga ia pun dikirim ke sekolah asrama karena sang ayah sudah bosan mendidiknya. Di sanalah Ishaan bertemu guru seni bernama Ram, orang pertama yang menyadari bahwa di balik 'kebodahan' Ishaan ada kecerdasan yang terpendam. Film ini didistribusi ulang secara internasional dengan judul Like Stars on Earth. Film bertema pendidikan yang harusnya diputar di semua sekolah!

Drishyam (2015)
Film yang mengajarkan kita bahwa ada kesalahan yang bisa dibenarkan. Film ini adalah remake dari film sebelumnya yang berjudul sama, dikemas dengan alur menegangkan di sepanjang film dan menyuguhkan banyak tingkatan kejutan. Tentang seorang kepala keluarga bernama Vijay yang berjuang melindungi istri dan anaknya yang tanpa sengaja tersangkut kasus pembunuhan. Aku suka dengan karakter Vijay di sini, yang walaupun di-drop out saat kelas 4 SD, tapi bisa jadi sangat cerdas karena belajar dari banyak film yang ditontonnya; terutama tentang problem solving.

3 Idiots (2009)
Siapa yang nggak suka dengan fim India terbaik sepanjang masa ini? Film komedi yang sarat pesan moral dan pantas ditonton berulang-ulang. Satu dari dua film India yang berhasil masuk Top 250 Rated Movies di IMDb, yang artinya sudah jadi konsumsi internasional. Bercerita tentang persahabatan tiga mahasiswa yang melawan diktator di kampusnya. Banyak kejadian yang dialami Rancho dan dua sahabatnya, mulai dari yang lucu, haru, sampai yang serius dan menyentil isu-isu penting. Hingga akhirnya penonton dikejutkan tentang siapa sosok Rancho sebenarnya.



Sebetulnya masih ada film India lain yang aku suka, tapi nggak begitu favorit. No One Killed Jessica (2011), Bhaag Milkha Bhaag (2013), My Name is Khan (2010), dan tentu saja film romantis sejuta umat kayak Kuch Kuch Hota Hai (1998) dan Mohabbatein (2000). Tapi menurutku nggak banyak yang bisa diambil dari film yang terakhir kusebut, selain terhibur oleh aksi joget berjemaah atau dada bidang berbulu yang sering dipamerkan aktornya. Banyak film India yang lebih bagus dan bisa menggeser stereotip "setiap film India pasti ada adegan joget mengelilingi pohon", contohnya kayak beberapa film favoritku di atas.

Kalau kamu, film bollywood favoritmu yang mana?



UPDATE!
Munna Bhai M.B.B.S. (2003)
Black (2005)
Ghajini (2008)
Talaash (2012)
English Vinglish (2012)
The Lunchbox (2013)
Special 26 (2013)
Talvar (2015)
Nil Battey Sannata (2015)
Piku (2015)
Neerja (2016)
Pink (2016)
Te3n (2016)
Kapoor & Sons (2016)
Dangal (2016)
Next
Previous
Click here for Comments

35 komentar:

avatar

Nah iya itu maksud gue yang taree taree. Ternyata namanya salah ya. Muahahaha. Pernah nyoba mau nonton 3 idiots, tpai begitu tahu durasinya lama banget, jadi mikir ulang. :(

avatar

Durasi film India memang rata-rata lama, bisa 2-4 jam. Tonton dong, biar aku nggak rapuh sendiri! :(

avatar

Baru nonton 3,5 film #eh haha, yang Bajrangi Bhaijaan baru setengah karena teks gak singkron >.< yang lain belom dan mupeng nonton huhuhuu *sodorinHD

avatar

Dari sepuluh list ini, cuman Taare Zameen Par yang pernah saya tonton. Bener-bener deh, Amir Khan mempesona banger di film itu. "Bam bam bole. Masti men dole~"

Oke, sepertinya saya akan coba nonton Barfi.

avatar

Waaaakssss! Kahaani! Aku suka banget. PK juga. Taare juga. Trus yang Brajangi, belum nonton. Katanya filmnya sedih banget ya :(

Siap-siap mau donlot Rahasya. Lucu judulnya. Bikin penasaran gitu. Soalnya judulnya rahasia sih. *ini apa dah*

avatar

Aku suka semua film Aamir Khan!

Pas nonton Barfi!, aku nggak lihat daftar cast. Eh, tahunya yang jadi cewek culun itu Priyanka Chopra. Aku merasa tertipu.

avatar

Rahasya itu kayak judulnya ya. Penuh rahasia. Jadi pengen tahu rahasia dari film Rahasya.

Parah, Slumdong Millionaire kagak dimasukin. Padahal di situ ada kalimat yang laki banget, waktu tokoh utama nyebut cinta sejatinya sebagai "cewek paling cantik sedunia." Uuuuuh.

avatar

Kalau suka Kahaani, pasti suka juga sama Rahasya atau Drishyam. Plot twist semua! Terus kabarnya bulan depan ada Kahaani 2 aaaaak!

avatar

Baru sempat nonton PK, 3 Idiots, Sama Taree Zamen Par.

Ehm, coba Rang De Basanti udah? Bagus juga itu.

Eh, kenapa kabhi kushi kabhi gam ga ada

avatar

(((3,5)))

Teks nggak sinkron kan bisa diakali pakai tombol F1-F1, kalau nonton di media player classic. Heuheu.

Ayo, barter film!

avatar

DISCLAIMER: aku lupa masukin SLUMDOG MILLIONER yang keren banget itu. Harusnya masuk di posisi 2 tuh. Hadeuh.

avatar

Rang De Basanti belum nonton. Kabhi Kushi Kabhi Gam aku malah lupa ceritanya. Haha

avatar

Doo masukke jg film jini oh jini, bgus do itu

avatar

Ini siapo sih? Jangan-jangan ini om-om anonim di film A Wednesday.

avatar

Baca ini jadi punya ide film2 tentang anak yg musti ditonton ortu biar nggak salah mendidik anak..

avatar

Like Stars on Earth FTW!

avatar

Nah, yang aku tonton itu PK. Yang aku maksud di Twitter tadi siang.

avatar

Banyak yang udah kutonton!
Paling suka kalo ketemu twist di ending film India x)

avatar

Judul lainnya PeeKay, yang ini memang agak susah diingat.

avatar

Joined my team!

avatar

Film india favoritku tetap "Race", bro. Kalau yang diperanin Aamir Khan sih aku lebih suka "Ghanjini", itu film yang berani mengolo-olok film Memento nya Chris Nolan.
India bagiku memang film yang kurang ajar kalau bikin plot. Ada tuh film Traffic yang intinya filmnya 'gitu doang', tapi pengemasannya masya allah... Puanjaang!

avatar

Wah, belum nonton semua. Oke, aku tandain dulu.

avatar

3 Idiots sama PK! Yawlaaa, bener banget deh, semenjak nonton 3 Idiots, jadi nggak lagi mengasosiasikan film India sebagai sekedar film jejogedan. Caranya mengkritik pendidikan dan intoleransi agama luar biasa jenius.

avatar

Everyone loves 3 Idiots!

avatar

WAH, tiga film favoritku masuk semua! Taare zamen par, 3 idiots dan PK! ketiga film ini juga sama2 mengajarkan kita tntang arti hidup yg sbenarnya..

3 idiots mengajarkan bahwa nilai dan ijazah bukan penentu masa depan yg sbenarnya.
Taare zamen par, mengajarkan bahwa keterbatasann fisik bisa menjadi kelebihan tiap orang
PK mengajarkan tntang ke anehan gaya hidup manusia dalam meyakini apa yg mereka yakini.

Selebihnya, gw jadi lebih tertarik menonton list film yg blum gw nonton dn ada diatas :)

avatar

Rab ne bana di jodhi kagak dimasukkin minn??
Gw dah nnton tuh 3 idiots,, awalnya dipaksa temen2 gw suruh nnton tp emg dasarnya gw paling anti film India, eh pas udh nnton, gw suka, banget, the indians..

avatar

Cobain nonton airlift do. Bagus juga, true story. Ntah kenapa gue suka aja kalo filmnya true story, seru liat endingnya, biasanya di ceritain siapa meranin siapa.

Dari yg di sebutin di atas gue baru ntn, pk sama 3 idiots doang. Btw khabi khusi khabi gem gak masuk nih?

avatar

Setuju! Kebetulan pemainnya Aamir Khan semua ya. Ayo nonton yang lain~

avatar

(((min)))

Kebetulan belum nonton nih, tapi udah masuk watchlist. Aku juga nonton 3 Idiots karena dipaksa awalnya. Terus sekarang jadi maksa orang lain buat nonton. Haha

avatar

Airlift lagi on going ditonton nih.

Khabi Khusi Khabi Gam lupa ceritanya, soalnya terakhir nonton pas SMP kalau nggak salah. Kalau sempat nanti ditonton ulang, deh.

avatar

Cuma pernah nonton PK sama 3 idiots doang. Durasi film bollywood lama sih jadinya agak males nonton kecuali direkkmendasiin temen. :(

avatar

Aku suka semua list di atas, meskpun kadang suka di anggap aneh sama temen karena suka nonton film india hahaha
Tapi banyak film india yg bisa d ambil hikmahnya #ehhhh kayak PK

avatar

Yang paling ingat pas nonton Bajrangi Bhaijan,nonton pas di Pulau Buru,dan bisa ngajakin team leaderku nonton film india sampai selesai (ada sekjurku juga padahal) hahahaha

avatar

Di antara semuanya baru nonton 3 Idiots. Gara-gara film itu, semangat belajar jadi bener-bener naik! :))

avatar

Yahh... aku tahunya cuma 3 idiots.. yg lainnya mah belum pernah nonton, bahkan sama sekali ng tahu filmnya..

#SalamSapa

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!