10 Film Korea Favorit

Salah satu hal yang masih menjadi misteri di muka bumi ini adalah apa alasan logis kebanyakan cewek menggemari K-Drama alias drama Korea. Polemik tersebut nyaris selevel dengan pertanyaan Agnez Mo di lagu Tanpa Kekasihku dalam lirik, "Di mana letak surga itu?" Susah dijawab. Atau mungkin pernah dijawab di sebuah artikel, tapi tetap susah diterima. 

Ampun, girls.

Sebagai pengakuan, satu-satunya K-drama yang selesai kutonton cuma Descendants of the Sun. Bagus. Nggak mau coba nonton K-drama lain, takut ketagihan. Bukan berarti anti, tapi dibanding drama serial dengan puluhan episode, aku lebih suka film Korea yang sekali tamat. Walau harus diakui, Korea itu bisa jadi surganya film romantis yang berpotensi mengosongkan kotak tisu. 

Karena nggak mau bercucuran air mata seorang diri, aku jadi terdorong bikin daftar 10 film Korea favorit. Bukan cuma yang ceritanya sedih, tapi juga film -film yang bikin kita nggak bisa skeptis dengan industri film Negeri Ginseng ini. Daftar film diurutkan dari yang favorit sampai yang paling favorit.


A Moment to Remember (2004)
Seorang perancang busana bernama Su Jin yang sempat patah hati, bertemu dengan seorang pekerja konstruksi bernama Chul-soo. Benih cinta yang kemudian tumbuh di antara keduanya membuat mereka memutuskan untuk menikah. Sampai suatu hari Su Jin didiagnosis mengidap penyakit Alzheimer, yang membuatnya melupakan satu per satu kenangan bersama suaminya. Film yang bikin haru, apalagi pas adegan suaminya menempeli seisi rumah dengan sticky notes biar istrinya nggak mudah lupa. Duh...

Veteran (2015)
Bercerita tentang detektif temperamental yang mencoba untuk melawan kebengisan seorang pria muda, yang selalu berlindung pada kekayaan dan konglomerasinya yang besar. Karena sifatnya yang keras, sang detektif juga mati-matian ingin membongkar kasus percobaan bunuh diri yang melibatkan seorang temannya. Selain banyak adegan aksi yang memukau, film ini juga dibumbui dengan adegan komedi yang menghibur.

Always (2011)
Film yang berjudul lain Only You ini menceritakan kisah seorang mantan petinju yang banting setir menjadi petugas penjaga parkir. Kisah romantisnya dimulai saat ia bertemu dengan perempuan tunanetra yang selalu datang ke pos parkiran untuk menumpang nonton film drama. Hubungan itulah yang membawa mereka kembali ke cerita masa lalu yang kelam dan menguak sebuah fakta sekaligus ironi. Ujung-ujungnya bikin mewek juga.

I Saw the Devil (2010)
Film ini menceritakan tentang upaya balas dendam seorang pria yang tunangannya dibunuh secara sadis. Namun, pembalasan itu malah membuat dirinya berubah jadi 'iblis' yang nggak kalah kejam. Konon adegan di film ini cukup banyak yang dipotong sebelum ditayangkan karena dinilai terlalu eksplisit, termasuk adegan kanibalisme. Padahal yang versi sudah dipotong juga masih banyak adegan sadisnya. Nggak disarankan buat yang kurang suka film thriller penuh adegan zalim.

Hello Ghost (2010)
Diceritakan tentang Kang Sang Man, seorang anak yatim piatu yang dari kecil sudah tinggal di panti asuhan. Sejak masih anak-anak hingga dewasa selalu kesepian, nggak punya teman, dan yang paling membuatnya sedih adalah kenyataan bahwa nggak ada yang mau mengadopsi dirinya sebagai anak. Kang Sang Man beberapa kali melakukan percobaan bunuh diri, tapi selalu gagal, hingga yang terakhir kali membuat dirinya harus dilarikan ke rumah sakit. Di sanalah, saat terbangun dari pingsan, dia menyadari kalau dirinya tahu-tahu bisa melihat hantu. Walaupun ini film tentang hantu, tapi nggak ada seram-saramnya, malah jadi sangat lucu. Tapi tetap ending-nya juara, bikin nangis!

A Long Visit (2010)
Salah satu film bertema ibu-anak yang paling sedih. Tentang gadis bernama Ji Suk yang diceritakan hidup di keluarga kurang berada, tapi sering mengeluh dan gengsi mengakui ibunya karena berpenampilan lusuh. Suatu hari Ji Suk harus berpisah dengan ibunya karena ingin melanjutkan kuliah di Sequl, hingga akhirnya bekerja dan menikah di sana. Ceritanya semakin sedih ketika Ji Suk pulang kembali ke rumah untuk menemui ibunya yang sudah renta. Kayaknya mataku sampai sembap waktu nonton film ini dulu.

Train to Busan (2016)
Film ini berlatar di kereta listrik cepat jurusan Seoul ke Busan. Sesaat akan berangkat, sebuah kereta tiba-tiba diserang virus zombie yang berasal dari seorang penumpang gelap yang menerobos masuk. Virus zombie pun lekas menyebar hampir ke seluruh penumpang kereta, hingga seorang ayah dan putrinya serta penumpang yang tersisa harus berjuang menyelamatkan diri dari serangan para zombie. Salah satu film bertema zombie yang patut diperhitungkan.

Ode to My Father (2014)
Berlatar pada masa perang Korea Utara, seorang anak laki-laki terpisah dari ayah dan adiknya saat akan mengungsi menaiki kapal penyelamatan. Anak laki-laki bernama Deok-soo itu tumbuh dewasa dan menjadi tulang punggung keluarga, sesuai janji pada ayahnya sesaat sebelum terpisah. Demi janji dan demi ibu serta kedua adiknya, Deok-soo harus melewati banyak ujian. Salah satu drama keluarga terbaik dengan akhir yang sukses bikin mbrebes mili.

Oldboy (2003)
Salah satu dari dua film Korea yang masuk Top 250 IMDb, dan sempat diadaptasi oleh hollywood walaupun kurang sukses. Film dengan judul asli Oldeuboi ini menceritakan seorang pria yang terkurung di sebuah ruangan pengap selama 15 tahun hidupnya. Anehnya, pria bernama Dae-Su ini nggak tahu apa motif di balik penyekapannya tersebut sampai akhirnya ia dibebaskan. Perjuangan Dae-Su mencari siapa dalang di balik semuanya untuk balas dendam, membawa alur cerita yang membuat penonton berteriak "Sinting! Sinting!" karena agak di luar nalar. Salah satu film thriller terbaik dengan plot twist yang bikin meringis!

Miracle in Cell No. 7 (2013)
Bercerita tentang seorang pria dengan keterbelakangan mental bernama Lee Yong Goo yang tinggal dengan anak gadisnya yang berusia 6 tahun, Ye Seung. Sampai akhirnya mereka harus berpisah karena sang ayah terpaksa masuk penjara setelah dituduh membunuh seorang anak kecil dalam insiden "tas kuning bergambar Sailor Moon". Selain ending-nya dijamin bikin banjir air mata, film ini juga sukses mengocok perut, terutama saat diceritakan kehidupan Yong Goo di dalam sel penjara nomor 7 bersama lima narapidana lain. Salah satu film dengan tema ayah-anak terbaik yang pernah kutonton.


Daftar di atas sebenarnya disusun dengan banyak pertimbangan. Selain karena alasan selera yang subjektif, bisa jadi karena masih banyak film Korea bagus lainnya yang belum sempat kutonton. Ada beberapa film lain yang nggak dimasukkan, tapi menurutku bagus juga: Harmony (2010), Castaway on the Moon (2009), The Man From Nowhere (2010), Flu (2013), My Sassy Girl (2001), The Gifted Hands (2013). 

Kalau kamu, film Korea favoritmu yang mana?



UPDATE!
The Isle (2000)
The Way Home (2002)
Memories of Murder (2003)
Spring, Summer, Fall, Winter... and Spring (2003)
3-Iron (2004)
The Host (2006)
The Chaser (2008)
Mother (2009)
Wedding Dress (2010)
No Mercy (2010)
Way Back Home (2013)
Miss Granny (2014)
Next
Previous
Click here for Comments

31 komentar:

avatar

Wakakakaka
Dari daftar film di atas aku baru nonton A Moment to Remember yg sukses bikin nangis kejer waktu SMA kalo g salah, sama Veteran doang. Baru tahun ini aku kena demam Korea lagi, dulu waktu SMA sih iya, sejak kuliah g mengikuti lagi.
Mungkin loh ya, ini alasan para cewek suka K-drama, hahaha, kalau aku suka karena visualnya keren, bikinnya bener2 niat, ceritanya kadang mainstream tapi disajikan dg menarik entah lewat para pemainnya yg emang cakep2 dan aktingnya keren, selalu disisipkan kebudayaan atau kebiasaan mereka sehingga terlihat realistis. Selain itu bisa dibilang perwujudan dari impian semua para cewek, siapa sih yg g mau kisahnya kayak mereka? wakakaka. Dan sebagai pembaca romance, kalau diadaptasi ke visual K-drama lah yg sangat pas, bener2 drama. Kalau serial barat kan jarang banget ada yg bikin bener2 drama, biasanya hanya sebagai cerita pendamping, kebanyakan thriller, fantasy atau sci-fi. Itu sih pandanganku dari seorang yg nggak beberapa lama ini ketagihan nonton K-drama lagi 😂😂😂😂

avatar

Menurut gue train to busan emang rame, tapi, gue nggak nemu konklusinya. Maksudnya kok tiba-tiba ada zombie dan salah satu karyawannya bilang kalo zombie itu tercipta karena perusahaan si karakter utama, atau mungkin udah di kasih tau apa penyebabnya tapi gue nggak 'ngeh' ehehehe.

Ada satu yang rame lagi do. 'see you after school' Film komedi paling wajib ditonton mueheheh.

avatar

Belum nonton semua. Rencana nonton Train to Busan, Hello Ghost sama Oldboy deh. Sama Miracle in Cell juga kayaknya oke.

avatar

Hello Ghost lucu =)) tapi endingnya sedih banget sampai nangissss...

avatar

Untung Hello Ghost masuk ke dalam list. Kalau tidak, ya saya gak akan berkunjung ke blog ini lagi. Hahai.

Hello Ghost bener-bener apik. Adegan saat si kakak dipukuli temannya, kemudian dia masih saja tersenyum dan berjanji akan membawa sang adik ke bioskop, sukses bikin saya..... ehmmm ehmm.

Dari apa yang dijabarkan Rido Arbain di atas, kayaknya saya harus nonton Oldboy nih :-#

avatar

Cuma pernah nonton veteran. Nah iksan pun tercemar oleh gue. see you after school tuh paling lucu. :))

avatar

Gue baru nonton train To busan..

Dan enggak ngerti itu zombie munculnya dari mana. 😫

avatar

dari 10, aku yg udang nonton 2. Train to Busan sama Miracle Cell No.7. Sebenernya ya banyak sih yg ud nonton :D

avatar

Akhirnya ada yang jawab, walaupun kurang memuaskan. *dicekek*

Tuh kan, memang rentan ketagihan kalau diikutin terus nontonnya. Apalagi drakor itu tiap bulan pasti ada judul baru. :))

avatar

Memang kurang jelas asal mula virusnya, apalagi cuma dijelasin lewat sambungan telepon. Yang pasti di Train to Busan itu ceritanya mereka belum tahu kalau itu wabah zombie karena dianggap baru pertama kalinya kejadian.

avatar

Tanggung. Tonton semualah!

avatar

Nggak nyangka ya bakal jadi sesedih itu.:(

avatar

Oke, segera dicari filmnya!

avatar

Sebuah misteri. 😥

avatar

Ayo tonton yang lainnya, Vin!

avatar

Itu istilahnya MMM. Mewek Mewek Manly.

avatar

My Sassy Girl tetep terbaik sih menurutku hehe

avatar

The wailing belum masuk ya? padahal lumayan loh dibandingkan train to busan :D

avatar

Belum sempat nonton The Wailing sama Memories of Murders, padahal katanya bagus banget, ya?

avatar

Aku cuma nonton Train to Busan gara2 penasaran, ternyata drama abis. -_-

avatar

Veteran sama Oldboy masuk ya?
Belum nonton ituuu~

avatar

POKOKNYA GW HARUS DOWNLOAD SEMUA!!!!!! FILM2 ITU MILIK GUEEE!!!!!!!!!!
Tpi lbih tertarik sama oldboy sama film zombie itu, apa namanya (scroll keatas) oiya, train to buzan! Lumayan juga sih film2 korea, gk kalah sama serial drama nya.

Akhir2 ini sering2 juga ya kmu nulis 10 film trbaik dri sjumlah negara rido. Gmana klo selanjutnya 10 film Indonesia trbaik rido? muehehe

avatar

Aku pikir-pikir dulu, ya. Haha

avatar

hello ghost itu lucu! tapi endingnya sedih :(

kok film the doctor sama dots nggak dimasukin? Running man?

avatar

Boleh nggak sih berkata kasar pas baca ini? BAJINGAAAAAAAK. SUMPAAAAH. JUJUR AKU DEG-DEG AN PAS BACA MENUJU KE BAWAH, YANG PALING FAVORIT. PAS BACA ADA OLDBOY, AKU LANGSUNG TERIAK HISTERIS. BAJINGAK! AKU SUKA BANGEEEET! UDAH NONTON BERKALI-KALI TAPI MASIH AJA DIBIKIN MERINGIS SAMA ALASAN BALAS DENDAMNYA YU JI TAE ITU. DAN DIBIKIN NANGIS PAS NONTON FLASHBACK SI COWOK GANTENG SAMA SODARA.... AH NTAR JADI SPOILER. AAAAAK POKOKNYA AKU SUKA. YU JI TAE NGGAK PERLU PASANG TAMPANG GARANG BUAT NUNJUKIN KALAU DIA ITU JAHAT. SEDANGKAN CHOI MIN SIK... AAAAAAAAAAAAK AKU SUKA OM OM ITU! AAAAAK!!! TRUS SOUNDTRACKNYA JUGA AKU SUKA. YANG CRIES AND WHISPERS BIKIN NYESEK. YANG THE LAST WALTZ BIKIN SENYAM-SENYUM MIRIS GITU SIH. HUAAA AKU SUKA SEMUA YANG ADA DI OLDBOY!

Eh maaf, capslock jebol. Huhuhu. Gini nih kalau terlalu bersemangat. Huhuhu.

Trus aku rada kaget sih ternyata yang paling favorit pertama itu Miracle In Cell No. 7. Ternyata Bang Rido menye-menye juga. Huahaha. Eh tapi memang bagus sih. Ada film Wedding Dress dari Korea juga, banyak yang bilang sedih. Tapi nggak sesedih Miracle In Cell. Huhuhu.

avatar

Doctor kan k-drama. Terus Running Man bukannya game-show, ya?

avatar

Hahaha. Emang sialan nih film Oldboy! Wedding Dress udah masuk watchlist, segera ditonton.

avatar

Aku juga baru sekali namatin drama korea, sensory couple judulnya. Dan rasanya pengen lanjutin nyoba drama korea lain, tapi takut lupa waktu dan ketagihan, entar bahaya lupa ngerjain tugas dan bakal diomelin terus sama emak di rumah -_-

Film yang aku tonton baru Hello Ghost. Dan liat capslock jebolnya Icha di atas, aku jadi penasaran pengen nonton Oldboy. Bakalan segera di download!

avatar

Aaakh, yang aku tau baru Helloghost sama Miracle In Cell no 7 wkwkw :D

avatar

KENAPA SECRETLY GREATLY YANG AKU SUKA ENGGA ADA OYYYYYYY. YOU SHOULD PUT IT ON THE LIST!!!!!!!!!

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!