Senin, 30 April 2018

Peran Aktor dalam Film "One-Man Show"

"How can you make a movie with only one character?"

Dalam sebagian besar film, pemilihan tokoh dan karakter adalah fokus utama yang diperlukan untuk menciptakan konflik, alur, serta perkembangan cerita. Semakin banyak tokoh maka semakin kompleks pula cerita yang bisa dibangun. Namun, bukan karya seni namanya kalau harus selalu menuruti standar umum adanya komposisi tokoh protagonis, antagonis, ataupun sidekick. Sebab ada beberapa film yang hanya perlu menampilkan seminim mungkin pemain bahkan aktor yang berperan tunggal untuk menyampaikan ceritanya. Film sejenis ini sering disebut dengan istilah one-man show movie.

Walaupun terlihat ringan dan terkadang dipandang skeptis karena minim bajet, sebetulnya film-film seperti ini lebih menantang karena mempertaruhkan 'kebosanan' penonton. Selain itu juga, film dengan konsep one man, one setting bukan cuma perlu didukung oleh plot cerita yang menarik, tetapi juga oleh seorang aktor dengan kualitas tinggi atau bakat luar biasa.

Film-film di bawah ini bisa dibilang mewakili formula "one-man show" yang sukses ketika dirilis. Bukan hanya karena faktor pemainnya yang berakting bagus, tetapi juga karena ide cerita dan keseluruhan filmnya memang layak dimasukkan ke daftar tonton untuk memberikan pengalaman sinematik yang nggak biasa.


1| Tom Hanks — Cast Away (2000) 
Genre: adventure, drama, romance
Memerankan karakter sebagai Chuck Noland, karyawan FedEx yang terdampar sendirian di sebuah pulau terpencil setelah mengalami kecelakaan pesawat. Film ini bukan hanya mengisahkan tentang pria versus alam, tetapi juga tentang seorang pria yang berjuang untuk tetap waras kendati hidup sebatang kara empat tahun lamanya. Disutradarai oleh Robert Zemeckis (Forrest GumpThe Walk).

2| Sam Rockwell — Moon (2009) 
Genre: drama, mystery, sci-fi
Memainkan tokoh Sam Bell, seorang astronot yang berada di ujung masa kerjanya setelah tiga tahun ditugaskan untuk tinggal di Sarang, sebuah fasilitas di bulan yang digunakan untuk menambang energi alternatif bagi bumi. Selama tiga tahun berada di luar angkasa, ia hanya berinteraksi dengan mesin robot bernama Gerty. FIlm ini disutradarai oleh Duncan Jones (Source CodeWarcraft).

3| James Franco — 127 Hours (2010) 
Genre: adventure, drama, biography
Berdasarkan kisah nyata, James Franco berperan sebagai Aron Ralston, yang terjebak di sebuah jurang bebatuan selama 127 jam atau setara lima hari lebih, setelah mengalami kecelakaan saat berpetualang sendirian ke Blue John Canyon di Utah. Film ini disutradarai oleh Danny Boyle (Trainspotting, Slumdog Millionaire) dan diadaptasi dari buku autobiografi berjudul Between a Rock and a Hard Place.

4| Ryan Reynolds — Buried (2010) 
Genre: drama, mystery, thriller
Bermain sebagai Paul Steven Conroy, rakyat sipil Amerika yang bekerja sebagai sopir truk dan sedang bertugas di Irak, negara yang sedang mengalami konflik. Suatu hari ia terbangun dari pingsan dan mendapati dirinya dikubur hidup-hidup dalam sebuah peti kayu di dalam tanah. Sulit membayangkan bagaimana rasanya terkurung dalam ruang sempit 2 x 1 meter dan hanya dimodali sebuah BlackBerry krisis sinyal dan korek api Zippo. Sesak? Tahan dulu sebelum melihat twist ending-nya.

5| Tom Hardy — Locke (2013) 
Genre: drama
Berperan sebagai seorang mandor konstruksi bangunan bernama Ivan Locke, yang di suatu malam menyetir mobil BMW-nya sendirian dalam perjalanan dari Birmingham menuju London. Sepanjang jalan, ia terlibat percakapan dengan beberapa orang lewat sambungan telepon. Sebuah perjalanan malam yang akan mengungkap sisi lain hidupnya, termasuk hubungan dengan pekerjaan dan keluarganya.

6| Robert Redford — All is Lost (2013) 
Genre: action, adventure, drama
Memainkan peran sebagai seorang pria tua yang tiada diketahui namanya, berlayar sendirian di Samudra Hindia. Suatu ketika ia tanpa sengaja menabrak kontainer yang terapung di laut lepas, yang mengakibatkan kapal yacht-nya mengalami kebocoran. Menyadari stok makanan mulai menipis, ia mulai sadar kalau kematian sedang menantinya.

___________

Selain film-film di atas, sebetulnya aku juga tertarik untuk menyebut I Am Legend (2007), Life of Pi (2012), atau The Martian (2015), tapi agak ragu karena sepertinya para aktor di film itu nggak benar-benar bermain tunggal.

Nah, kalian ada rekomendasi film yang berkonsep serupa? Silakan tulis di kolom komentar, ya!

4 komentar:

  1. Horeeeee ada Moon. Aku suka Burried sama Moon, Kang. Btw gara-gara baca ini jadi pengen nonton Locke. Suka Tom Hardy gara-gara nonton Bronson yuhuuu. Makasih rekomendasinya, Kang Rido!

    BalasHapus
  2. Dari semuanya, baru nonton yang Buried. Mau download yang 4 lainnya. By the way, Danny Boyle ini kiprah filmnya lumayan juga ya. Saya baru tahu kalau dia sutradaranya Trainspotting juga.

    BalasHapus
  3. Gue cuma tahu Castaway doang cuuy. Tapi itu seru sih. Kayak film pertama yang bikin gue mikir. Muaahahhaa. \:p/

    BalasHapus

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!