Minggu, 30 Juni 2019

MAXI DAY 2019 Palembang: Mengenal Lebih Dekat si Baby NMAX

Akhir pekan ini, Palembang menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan event MAXI DAY 2019. Event ini digelar untuk memperingati ulang tahun ketiga rilisnya skutik Maxi Series milik Yamaha, yaitu NMAX, XMAX, LEXI, Aerox, dan TMAX. Perayaan yang berlangsung di Benteng Kuto Besak, Palembang pada tanggal 29 Juni 2019 ini juga merupakan bagian dari rangkaian MAXI DAY 2019 yang dibuka di Cibinong, Jawa Barat pada April lalu. 

Ada banyak keseruan pada saat penyelenggaraan event tahunan ini, mulai dari promo spesial yang memungkinkan kita membeli salah satu produk Maxi Series dengan harga relatif murah daripada biasanya, kesempatan mendapat servis motor dan oli gratis, mengikuti test ride berhadiah, menonton kontes modifikasi dan rolling city (komunitas Maxi Series konvoi keliling Palembang). Selain itu, kita juga bisa ikut cek darah gratis dan selfie contest, seseruan di game station, serta menyaksikan band perform dan DJ perform.


Acara tersebut dimulai Sabtu pagi pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 22.00 WIB. Nah, pada pukul 13.00 WIB kebetulan aku dan rekan-rekan Bloger Palembang Kumpul berkesempatan mengikuti demo di salah satu booth yang meramaikan event MAXI DAY 2019, lalu kami dikenalkan dengan salah satu produk Maxi Series andalan terbaru dari Yamaha. Coba tebak apa, guys? 



Yamaha LEXI VVA SSS “Smart is The New Sexy”

Dari semua produk Maxi Series, salah satu seri yang paling seksi dan imut adalah Yamaha LEXI. Dibilang imut karena LEXI termasuk kelas matik premium dengan mesin 125 cc, beda dengan seri lainnya dengan mesin di atas 155 cc bahkan hingga 530 cc. Meskipun masuk kategori ‘imut’, tapi nyatanya LEXI sempat menjadi ‘raksasa’ di kelasnya dengan menyabet gelar Best of Medium Skutik 125 cc tahun 2019. 

Sejak diterjunkan pertama kali ke pasar Indonesia, sampai saat ini LEXI sudah merilis tiga macam varian, yakni LEXI biasa (standar), LEXI S, dan LEXI S ABS. Lantas apa bedanya? Nanti kita bahas. 

Secara umum, Yamaha LEXI yang hadir sebagai ‘anak bontot’ keluarga skutik (skuter matik) Maxi tampil gagah dengan mesin 125 cc, SOHC, Single Cylinder, dan 4 katup VVA. Seri ini tentu saja dibekali beberapa fitur modern. Kita mulai dari yang paling menonjol, yakni full digital speedometer yang dilengkapi dengan tachometer. Selain speedometer yang tampil lebih modern dan informatif, kita juga dapat mengatur tingkat kecerahannya sesuai kebutuhan. Jadi kalau kita berkendara saat siang terik, tinggal tekan tombol pengatur kecerahan sampai level 3 agar tidak redup di bawah sinar matahari. 


Dari tampilan bodi depan, skutik ini sudah dibekali dengan Grand LED Headlight, yaitu lampu depan menggunakan sistem pencahayaan LED sehingga lebih terang serta didesain dengan ukuran besar yang memberikan kesan mewah dan elegan. Ditambah adanya fitur Hazard Lamp untuk memberi tanda dalam situasi darurat. Yamaha LEXI juga dibekali fitur canggih seperti Stop & Start System (SSS), berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. 

Nah, ada lagi satu fitur LEXI yang paling menarik perhatian, yaitu Electric Power Socket (EPS) yang berfungsi sebagai charger ponsel atau gadget. Posisinya yang berada di laci sebelah kiri sehadapan dengan pengendara, semakin memudahkan kita untuk mengisi daya ponsel ketika dalam perjalanan. Fitur ini kayaknya paling cocok buat driver ojek online nih, jadi mereka nggak perlu susah-susah cari colokan pas ponselnya lowbat.


Keunggulan lain LEXI juga bisa kita lihat dari konsep bodinya yang lebih padat dan ringan. Dengan Spacious Flat Foot Board memberi ruang pijakan kaki yang luas dan nyaman, sehingga membuat skutik satu ini sangat galon-friendly dan juga tabung-gas-elpiji-friendly. Ditambah lagi seat alias jok motor yang berukuran lebih panjang dengan desain yang elegan mendukung kenyamanan berkendara baik saat sendirian maupun boncengan. Lalu Big Luggage Capacity, yaitu bagasi yang luas dengan kapasitas 12,8L bahkan dapat menampung helm yang berukuran standar. 

Perbedaan LEXI standar, LEXI S, dan LEXI S ABS 

Kalau di atas sudah dijelaskan fitur-fitur default yang ada di semua varian Yamaha LEXI. Nah, sekarang yang membedakan tipe standar dengan tipe LEXI S, yaitu fitur Smart Key System atau sistem kunci tanpa anak kunci (keyless). Fitur unggulan ini jelas akan membuat berkendara semakin praktis dan aman, apalagi disematkan juga fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir.


Tipe LEXI S juga dilengkapi dengan Luxury Seat Design yang memadukan dua tekstur kombinasi yang disatukan dengan motif jahitan elegan. Selain itu, tipe ini dibubuhi Sub-Tank Suspension untuk mendukung performa berkendara lebih nyaman di berbagai kondisi jalan. LEXI S yang diklaim sebagai New Generation 125cc LC4V Blue Core Engine juga dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA), Smart Motor Generator (SMG), serta Forged Piston & Diasil Cylinder. Lengkapnya fitur pada LEXI S ini membuat bodinya bertambah 1 Kg lebih berat daripada LEXI standar. 

Terus, apa bedanya lagi dengan LEXI S ABS? Seri paling mutakhir ini tentu saja menjadi yang termahal dibanding varian lainnya karena sudah dibekali dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS). Sistem pengamanan ABS ini membuat kontrol pengereman motor lebih optimal, meskipun kita tekan rem mendadak pun roda tidak akan terkunci. Selain membuat pengereman lebih smooth, fitur unggulan ini jelas akan mengurangi risiko kecelakaan di jalan.


Sementara itu untuk harga pembelian, saat ini ketiga varian ini dibanderol dengan harga yang tidak jauh beda; mulai dari kisaran 20 juta untuk LEXI standar, 23 juta untuk LEXI S, dan 26 juta untuk LEXI S ABS.

Jadi, kamu tertarik mau beli LEXI yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar. Lihat apa yang akan terjadi!